Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 02 Malanggaten, Kebakramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

MARYATUN, MARYATUN (2012) Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 02 Malanggaten, Kebakramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (516kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (396kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model practice rehearsal pairs. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan teknik practice rehearsal pairs. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas/Class Room Action Research (CAR). Pelaksanaan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 Malanggaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model practice rehearsal pairs dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar yang terlihat dari adanya peningkatan partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok, kemampuan mengidentifikasi pembelajaran dengan model practice rehearsal pairs. Peningkatan proses pembelajaran ini mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 12,5 %, pada siklus I adalah 31,2 %, pada siklus II adalah 81,25 %. Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 6,2 %, pada siklus I adalah 37,5 %, pada siklus II adalah 75 %. Keaktifan siswa dalam bersikap sebelum tindakan 12,5 %, pada siklus I adalah 37,5 %, pada siklus II adalah 75 %. Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal secara mandiri sebelum tindakan 31,2 %, pada siklus I adalah 56,25 %, pada siklus II adalah 75 %. Nilai hasil belajar IPS siswa sebelum tindakan hanya 31,25 % dengan rata-rata nilai 56,5 sedangkan pada siklus I, nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 62,5 % dengan nilai rata-rata 70,31. Pada siklus II nilai hasil belajar siswa yang mencapai KKM adalah 81,25 % dengan rata-rata nilai 74,06.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: practice rehearsal pairs dan aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Feb 2013 11:15
Last Modified: 08 Feb 2013 12:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22623

Actions (login required)

View Item View Item