Meningkatkan Minat Berhitung Melalui Bermain Musik Menggunakan Metode Hand Bell Pada Anak Kelompok B Ra Sabilul Falah Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012 / 2013

KUSUMASTUTI, ROMADHONI WINDA (2012) Meningkatkan Minat Berhitung Melalui Bermain Musik Menggunakan Metode Hand Bell Pada Anak Kelompok B Ra Sabilul Falah Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (102kB)

Abstract

Minat berhitung anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan minat berhitung anak adalah melalui bermain musik menggunakan metode hand bell. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat berhitung anak melalui bermain musik menggunakan metode hand bell. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di RA Sabilul Falah Baki Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data minat berhitung dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data pembelajaran berhitung melalui bermain musik menggunakan metode hand bell dikumpulkan melalui lembar observasi, catatan lapangan dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan minat berhitung anak melalui bermain musik menggunakan metode hand bell yakni sebelum tindakan 34.58%, siklus I mencapai 56.67%, dan siklus II mencapai 88.12%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui bermain musik menggunakan metode hand bell dapat meningkatkan minat berhitung anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Hand Bell, Bermain Musik, Minat Berhitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 07 Feb 2013 11:42
Last Modified: 07 Feb 2013 11:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22613

Actions (login required)

View Item View Item