Uji Kualitas Bioethanol Batang Sweet Sorghum Varietas B.76 Umur 90 Hari Dengan Menggunakan Campuran Ragi NKL Dan Fermipan Skala Laboratorium

Sutiani, Desti (2012) Uji Kualitas Bioethanol Batang Sweet Sorghum Varietas B.76 Umur 90 Hari Dengan Menggunakan Campuran Ragi NKL Dan Fermipan Skala Laboratorium. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (366kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPMIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sweet sorghum merupakan jenis tanaman penghasil nira yang digunakan sebagai bahan pembuat bioetanol. Batang Sweet sorghum memiliki kandungan gala tertinggi pada batang gabusnya sehingga berpotensi untuk dijadikan bahan altematif bioetanol. Gula pada batang Sweet sorghum termasuk disakarida, yaitu sukrosa. Disakarida yaitu gula sederhana yang terdiri dari dua molekul monosakarida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar bioetanol yang dihasilkan dari proses fermentasi batang Sweet sorghum varietas B.76 menggunakan campuran ragi NKL dan fermipan. Penelitian dilaksanakan di desa Demakan Bekonang untuk penanaman sorghum dan Laboratorium pusat MIPA Universitas Sebelas Maret untuk destilasi dan kromatografi gas (GC). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, menggunakan Rancangan Acak Lengkap dua faktor perlakuan yaitu konsentrasi ragi (0,50gr, dan 0,70gr) dan waktu fermentasi (2, 3 dan 4 hari) dengan dua, kali ulangan sehingga didapatkan 6 kombinasi perlakuan. Penentuan kadar etanol menggunakan kromatografi gas (GC) kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh waktu fermentasi dan dosis ragi terhadap kadar etanol yang dihasilkan. Dari analisi data penelitian menunjukan bahwa, terdapat interaksi antara pemberian dosis ragi yang berbeda, dengan lamanya waktu fermentasi terhadap kadar alkohol pada fermentasi nira, batang Sweet sorghum. Kadar alkohol tertinggi 5.34% pada, waktu. fermentasi 4 hari dan dosis ragi 0,70gr. Kadar alkohol terendah 3,4% pada waktu fermentasi 2 hari dan dosis ragi 0,50gr.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nira Sorgum, Disakarida, Konsentrasi Ragi, dan Kadar Etanol
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Feb 2013 10:11
Last Modified: 07 Feb 2013 10:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22608

Actions (login required)

View Item View Item