Dampak Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X Semester Genap Sma Negeri 1 Polanharjo Tahun Ajaran 2011/2012

WIJAYANTO, HARIO (2013) Dampak Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X Semester Genap Sma Negeri 1 Polanharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (835kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (843kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: mendiskripsikan dan menganalisis dampak penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Polanharjo yang berjumlah 240 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 120 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji beda mean, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode levene untuk uji homogenitas. Hasil penelitian pada hasil belajar kelas eksperimen adalah pada saat pretest rata-rata sebesar 65,123 dan pada saat posttest rata-rata sebesar 81,605. Hasil penelitian pada hasil belajar kelas kontrol adalah pada saat pretest rata-rata sebesar 64,590 dan pada saat posttest rata-rata sebesar 70,360. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran berbasis multimedia dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika. Kesimpulan penelitian ini adalah ada dampak pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian, pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, multimedia interaktif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 06 Feb 2013 11:54
Last Modified: 06 Feb 2013 11:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22599

Actions (login required)

View Item View Item