PENERAPAN PENDEKATAN CTL (Contextual Teaching & Learning) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 2 CAWAS TAHUN AJARAN 2007 / 2008

FATMAWATI, IKA SETYA PENY (2008) PENERAPAN PENDEKATAN CTL (Contextual Teaching & Learning) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 2 CAWAS TAHUN AJARAN 2007 / 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420030178.pdf

Download (106kB)
[img] PDF
A420030178.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah kognitif dan afektif siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Cawas tahun ajaran 2007/2008 dengan penerapan pendekatan CTL. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan di dapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6.03 dan rata-rata siklus I meningkat menjadi 6.99, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7.57 dan siklus III meningkat menjadi 8.42. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Cawas tahun ajaran 2007/2008 sebesar 0.32 point atau 32 %. Kata kunci : Pendekatan CTL, hasil belajar biologi siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CTL, hasil belajar biologi siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 08 Jun 2009 07:48
Last Modified: 08 Apr 2011 09:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item View Item