Peran Perangkat Desa Dalam Program Wajib Belajar 9 Tahun (Studi Kasus Di Desa Guwotirto Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri Tahun 2012)

Erlando, Robert and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. and , Drs. Moch. Abdul Choir, S.H., M.H. (2013) Peran Perangkat Desa Dalam Program Wajib Belajar 9 Tahun (Studi Kasus Di Desa Guwotirto Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri Tahun 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (336kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peran Perangkat Desa Dalam Program Wajib Belajar 9 Tahun. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah perangkat desa Guwotirto Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. dengan mengambil informan kepala desa, sekretaris desa, dan satu orang kepala dusun serta 1 orang tokoh masyarakat sebagai narasumber dalam pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis interaktif. Adapun prosedurnya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data selanjutnya menjadikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Peran perangkat desa dalam pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun dalam hal ini sebagai penanggung jawab adalah kepala desa dan bawahannya adalah memberikan informasi tentang pentingnya pendidikan dan sosialisasi serta pelaksanaan belajar secara berkelompok bagi mereka yang kurang mampu dalam pendidikan dasar maupun menengah di sekolah secara formal. 2. Peran perangkat desa khususnya kepala desa, dan kepala dusun dalam pelaksanaannya melakukan kerjasama dengan dinas pendidikan terkait dan tokohtokoh pendidikan, seperti sekolah-sekolah dan masyarakat yang berprofesi sebagai guru atau tenaga pendidik. 3. Kepala desa Guwotirto dan beberapa staff sebagai pelaksana hanya bertindak sebagai perantara dan penyuluh. Sedangkan pelaksanaan banyak diserahkan kepada kepala dusun (lurah perdusunan) serta tokoh-tokoh masyarakat tertentu seperti guru dan tokoh pendidikan lainnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perangkat desa, program wajib belajar 9 tahun
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Feb 2013 06:44
Last Modified: 23 Oct 2021 03:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22582

Actions (login required)

View Item View Item