Hubungan Pengetahuan Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Tentang Risiko Terjadinya Ulkus Diabetik Dengan Kejadian Ulkus Diabetik Di RSUD DR. Moewardi

Fauziah, Nida Faradisa (2012) Hubungan Pengetahuan Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Tentang Risiko Terjadinya Ulkus Diabetik Dengan Kejadian Ulkus Diabetik Di RSUD DR. Moewardi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASII.pdf

Download (427kB)

Abstract

Latar Belakang : Diabetes Melitus (DM) adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak memproduksi insulin atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkan. Pada tahun 2004 di Indonesia terdapat 8,4 juta penderita DM dan menempati urutan ke-4 terbesar di dunia. Salah satu komplikasi penting DM adalah ulkus diabetik. Prevalensi penderita ulkus diabetik di Indonesia sebesar 15% dari penderita DM. Pengetahuan pasien DM tentang penyakit serta komplikasinya dapat berkontribusi untuk mencegah ulkus diabetik. Semakin baik penderita mengerti tentang penyakitnya semakin mengerti bagaimana harus mengubah perilakunya. Tujuan : Mengetahui hubungan pengetahuan pasien diabetes melitus tipe 2 tentang risiko terjadinya ulkus diabetik dengan kejadian ulkus diabetik di RSUD Dr. Moewardi. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional cross sectional. Cara pengambilan sampel menggunakan Convenience sampling dan didapat 54 sampel. Sampel penelitian adalah pasien DM tipe 2 dengan ulkus diabetik maupun tanpa ulkus diabetik yang melakukan perawatan di bagian Penyakit Dalam RSUD Dr. Moewardi pada bulan Juli-Agustus 2012. Hasil : Pasien ulkus memiliki nilai median 14 dengan nilai minimum 10 dan maksimum 19 serta rerata 13,85±2,24. Pasien tidak ulkus memiliki nilai median 16 dengan nilai minimum 12 dan maksimum 21 serta rerata 15,89±2,42. Hasil uji statistik menggunakan uji Mann Whitney didapatkan hasil nilai probabilitasnya (p )= 0,004. Hasil uji kolerasi dengan uji Spearman, diperoleh r = 0,399. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara pengetahuan pasien diabetes melitus tipe 2 tentang risiko terjadinya ulkus diabetik dengan kejadian ulkus diabetik di RSUD Dr. Moewardi dengan kolerasi yang lemah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Ulkus diabetik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Feb 2013 07:24
Last Modified: 02 Feb 2013 08:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22552

Actions (login required)

View Item View Item