APLIKASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009

SETYANINGSIH, RINI (2008) APLIKASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420030052.pdf

Download (83kB)
[img] PDF
A420030052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)

Abstract

Pembelajaran adalah mengusahakan terciptanya situasi yang memungkinkan berlangsungnya proses belajar, dengan cara dan sarana yang digunakan dalam kegiatan belajar dirancang sedemikian rupa sehingga proses belajar dapat berlangsung optimal berupa hasil belajar yang tinggi. Salah satu langkah yang ditempuh dalam peningkatan hasil belajar siswa adalah dengan diterapkannya strategi pembelajaran problem posing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi metode pembelajaran problem posing dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2008/2009. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus pembelajaran. Berupa data awal kondisi siswa sebelum diberlakukan tindakan kelas, data kognitif (hasil belajar siswa), serta sikap afektif siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa diukur melalui peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada masing-masing siklus serta uji regresi sederhana untuk mengetahui hubungan masing-masing siklus terhadap siklus yang lain. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai kognitif awal pada siswa sebelum dilaksanakan tindakan kelas adalah 5,51. Pada siklus I diperoleh nilai kognitif siswa sebesar 5,91 dan nilai afektif siswa sebesar 27,08 (kurang berhasil ), siklus II diperoleh nilai kognitif siswa sebesar 6,95 dan nilai afektif siswa sebesar 37,11 ( cukup berhasil ), dan siklus III diperoleh nilai kognitif siswa sebesar 7,83 dan nilai afektif siswa sebesar 41,87 (berhasil). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran menggunakan metode Problem posing dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2008/2009 sebesar 0,72 point atau 72 %. Kata kunci : Problem posing, hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem posing, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 08 Jun 2009 07:30
Last Modified: 17 Nov 2010 00:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item View Item