Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Generative Learning Dengan Penggunaan Metode The Study Group ( PTK pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012)

Wardani, Pulung Dwi and , Drs. H. Ariyanto, M.Pd. and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd. (2013) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Generative Learning Dengan Penggunaan Metode The Study Group ( PTK pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (840kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (386kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta melalui pendekatan Generative Learning dengan metode The Study Group pada sub pokok bahasan kubus dan balok. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, metode tes dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi terus menerus dan triangulasi data. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pembelajaran matematika melalui pendekatan Generative Learning dengan metode The Study Group dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dikelas. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang meliputi: a) Keberanian bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 20% dan di akhir tindakan 75%, b) Mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 15% dan di akhir tindakan 65%, c) Keberanian siswa dalam mengungkapkan ide/ gagasan sebelum tindakan 10% dan di akhir tindakan 70%, dan 2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 66 sebelum tindakan 25% dan di akhir tindakan 85%. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Generative Learning dengan metode The Study Group dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil belajar, generative learning, the study group.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Feb 2013 10:02
Last Modified: 03 Nov 2021 01:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22532

Actions (login required)

View Item View Item