Aspek Sosial dalam Novel Eliana Serial Anak-Anak Mamak Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasi sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA

Roekah, Miswatun and , Dr. Nafron Hasyim and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. (2013) Aspek Sosial dalam Novel Eliana Serial Anak-Anak Mamak Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasi sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (305kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun novel Eliana Serial Anak-Anak Mamak karya Tere Liye, (2) mendeskripsikan aspek sosial novel Eliana Serial Anak-Anak Mamak karya Tere Liye dengan tinjauan sosiologi sastra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah aspek sosialdalam novel ESAM karya Tere Liye. Data penelitian ini adalah kata, frasa, kalimat, dan paragraf serta peristiwa yang ada dalam novel Eliana karya Tere Liye. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari novel Eliana karya Tere Liye. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah berupa artikel dan data-data yang bersumber dari buku acuan yang berhubungan dengan permasalahan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka dan teknik catat. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data. Teknik analisi data penelitian ini adalah metode dialektika. Hasil penelitian berdasarkan analisis struktural novel ESAM dapat diperoleh tema novel adalah petualangan. Alur novel ESAM, yaitu alur maju. Tokoh-tokoh yang dianalis dalam penelitian ini adalah tokoh utama, yaitu Eliana dan tokoh lainnya, yaitu Syahdan (Bapak), Nur (Mamak), Marhotap, Johan, dan PamanUnus. Latar pada novel ESAM dibagi tiga bagian, yaitu latar tempat Lembah Bukit Barisan, latar waktu terjadi sekitar tahun 1974 sampai dengan tahun 1994, latar sosial, yaitu kehidupan masyarakat miskin serta potret pendidikan yang kurang sarana dan pasarana dari pemerintah. Hasil penelitian berdasarkan aspek sosial dalam novel ESAM dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra ditemukan tiga jenis aspek sosial, yaitu (1) masalah kemiskinan, (2) masalah lingkungan hidup, dan (3) disorganisasi keluarga. Aspek sosial kemiskinan keluarga Eliana dan kemiskinan warga kampung, itu yang membuat Johan menjanjikan akan keuntungan. Masalah lingkungan hidup yaitu dampak dari penambangan pasir yang mengakibatkan banjir bandang. Disorganisasi keluarga terjadi ketika Eliana merasa bahwa Mamak tidak sayang, tapi akhirnya Eliana menyadari dari sikap Mamak yang tegas terhadap dirinya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek sosial, novel Eliana, sosiologi sastra, bahan ajar sastra di SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 31 Jan 2013 12:19
Last Modified: 28 Oct 2021 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22519

Actions (login required)

View Item View Item