Krisnawati, Ristiya (2012) Implentasi Metode Guided Inquiry - Discovery untuk meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Grogolan Karanggede Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER_DEPAN.pdf Download (387kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (377kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Grogolan Karanggede melalui penerapan metode guided inquiry-discovery. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SDNGrogolan Karanggede yang berjumlah 24 siswa.Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model-model analisis interaktif yang terdiri dari sajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi benda. Peningkatan kreativitas tersebut terlihat dalam 2 indikator yaitu A dan B. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnyakreativitas siswa dari masing-masing indikator. Pada indikator A yakni kemampuan berpikir lancar (fluency)yang ditandai dengan perilaku siswa dalam mengerjakan tugas dengan cepat dan tepat. Dalam kategori penilaian kreativitas sering terlihat oleh siswa sebelum ada tindakan tercatat 6 atau sebesar 25% siswa, pada siklus I tercatat 15 atau 62,5% siswa, pada siklus II sejumlah 19 atau 79,17% siswa. Indikator selanjutnya adalah indikator B atau ingin tahu yang ditandai dengan perilaku siswa suka bertanya. Dalam kategori penilaian kreativitas sering terlihat oleh siswa sebelum ada tindakan tercatat 8 atau sebesar 33,33% siswa, pada siklus I tercatat 17 atau 70,83% siswa, pada siklus II sejumlah 22 atau 91,67% siswa. Selain peningkatan kreativitas, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum ada tindakan daya serap siswa sebesar 41,67%, pada siklusI mencapai 70,83%, dan pada siklus II daya serap siswa mencapai 91,67%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode guided inquirydiscoverydapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Grogolan Karanggede tahun pelajaran 2012/2013
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided inquiry-discovery, kreativitas, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 30 Jan 2013 11:35 |
Last Modified: | 30 Jan 2013 11:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22482 |
Actions (login required)
View Item |