Perbedaan Tingkat Kecemasan Antara Pasien Primigravida dan Multigravida Pada Kehamilan Trimester Ketiga Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Surakarta

SIH UTAMI, PRADIPTA (2012) Perbedaan Tingkat Kecemasan Antara Pasien Primigravida dan Multigravida Pada Kehamilan Trimester Ketiga Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (413kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (310kB)

Abstract

Perbedaan Tingkat Kecemasan Antara Pasien Primigravida dan Multigravida pada Kehamilan Trimester Ketiga di RSUD Kota Surakarta. Kehamilan merupakan salah satu ekspresi perwujudan diri sebagai calon ibu dan ayah. Wanita yang hamil mengalami kecemasan tentang berbagai masalah dari satu trimester ke trimester selanjutnya. Kecemasan berubah seiring dengan semakin tua umur kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kecemasan antara pasien primigravida dan multigravida pada kehamilan trimester ketiga di RSUD Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 26 orang pasien primigravida dan 26 orang pasien multigravida di RSUD Kota Surakarta dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu responden mengisi formulir biodata, kuesioner L-MMPI, dan kuesioner TMAS. Data dianalisis dengan uji chi square untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan jumlah terbesar ibu hamil trimester ketiga terdapat pada kelompok usia 25-34 tahun, berpendidikan akhir SMP, dan mempunyai pekerjaan. Pada pasien primigravida lebih banyak yang cemas yaitu 19 orang (36,5 %), sedangkan pada multigravida yang mengalami kecemasan yaitu 10 orang (19,2%). Setelah dilakukan chi square test didapatkan nilai p adalah 0,012 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat kecemasan antara pasien primigravida dan multigravida pada kehamilan trimester ketiga di RSUD Kota Surakarta, dimana primigravida lebih cemas dibandingkan multigravida.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Kehamilan, Chi Square
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 28 Jan 2013 12:21
Last Modified: 28 Jan 2013 12:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22455

Actions (login required)

View Item View Item