Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta

Arifah, Umi and -, Wiyadi,M.M.,Ph.D. and , Ahmad Mardalis, SE.,MBA (2013) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (247kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)

Abstract

Tujuan penelitian : Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari : profesionalism, reliability, attitudes, accessibility, service recovery dan servicecape terhadap kepuasan pasien rawat jalan di BBKPM Surakarta. Menganalisis pengaruh variabel yang dominan dari kualitas pelayanan (profesionalism, reliability, attitudes, accessibility, service recovery dan servicecape) terhadap kepuasan pasien rawat jalan di BBKPM Surakarta Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey dan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang menggunakan pelayanan di BBKPM Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesionare. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Profesionalism, Reliability, Attitudes, Accessibility, Service recovery , Servicecape berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien.Variabel servicecape merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pasien. Dari hasil penelitian ini implikasi terpenting yang didapatkan adalah bahwa dimensi kualitas yang diteliti berpengaruh terhadap kepuasan pasien sehingga dimensi kualitas tersebut perlu dipertahankan dan diperbaiki terus menerus untuk menjaga kualitas pelayanan yang baik dan meningkatkan kepuasan pasien. Tanggapan pasien terhadap kondisi fisik dan lingkungan penyedia jasa kesehatan baik fasilitas, peralatan dan penampilan petugas merupakan hal yang sangat besar pengaruhnya terhadap kepuasan pasien sehingga perlu ditingkatkan terus menerus.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: profesionalism, reliability, attitudes, accesibility, service recovery,servicecape dan kepuasan pasien.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Jan 2013 12:21
Last Modified: 26 Oct 2021 03:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22454

Actions (login required)

View Item View Item