Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Dengan Media Video Compact Disk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Pojok Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012

Kurniawan, Fathu (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Dengan Media Video Compact Disk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Pojok Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (246kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._Bab_1.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
3._Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab III)
4._Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Bab V)
6._Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
0._Naskah_Publikasi.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Pojok Mojogedang kabupaten Karanganyar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD dengan media video compact disk tahun ajaran 2011/2012. Subjek dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah guru dan siswa kelas IV (berjumlah 20 siswa) SD Negeri 02 Pojok, tahun ajaran 2011/2012. Objek dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan menggunakan pembelajaran kooperatif STAD dengan media VCD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa mencapai persentase 65% dan masih ada 7 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Sedangkan hasil penelitian siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar siswa mencapai persentase 85%. Berdasarkan keseluruhan siklus yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa, "Pembelajaran Metode STAD (student team achievement divisions) dan Media VCD (video compact disc) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Pojok kecamatan Mojogedang Tahun Ajaran 2011/2012”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD (student teams achievement devision), hasil belajar IPA, VCD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Jan 2013 11:23
Last Modified: 28 Jan 2013 12:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22447

Actions (login required)

View Item View Item