Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Ibl (Inquiry Based Learning) Pada Siswa Kelas IV SD N Tangkil 03 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Nurroh, Wilda (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Ibl (Inquiry Based Learning) Pada Siswa Kelas IV SD N Tangkil 03 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (519kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (468kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan analisis kritis, rendahnya motivasi belajar IPA disebabkan oleh: (1) Penyampaian materi IPA oleh guru dengan metode demonstrasi yang hanya sekali-kali dan diskusi cenderung membuat siswa jenuh, (2) Siswa tidak pernah diberi pengalaman langsung; (3) Metode mengajar yang digunakan guru belum inovatif, sehingga membosankan dan tidak menarik minat siswa. Hasil diskusi dengan teman sejawat disepakati bahwa untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan minat belajar siswa terhadap materi pelajaran IPA perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran, yaitu strategi pembelajaran dengan menggunakan model IBL (Inquiry Based Learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan motivasi belajar IPA melalui model pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning) pada siswa kelas IV SD Negeri Tangkil 03 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sangkil 3 Sragen pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 28 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan dengan analisis per siklus dengan indikator kinerja 65% dari motivasi belahar tiap siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini: (1) Penerapan metode pembelajaran IBL (Inquiri Based Learning) dapat meningkatan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Tangkil 03 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013; (2) Langkah-langkah pembelajaran, guru dan siswa dapat : (a) Dalam kegiatan eksplorasi, siswa dapat menerapkan cara memelihara kesehatan yang berupa panca indera; (b) Dalam kegiatan elaborasi, guru dan siswa dapat memahami cara merawat mata, mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang mata, mengetahui cara mencegah penyakit mata tersebut, memahami cara merawat telinga, mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang telinga, mengetahui cara mencegah penyakit telinga tersebut, memahami cara merawat lidah, mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang lidah, serta mengetahui cara mencegah penyakit lidah tersebut; (c) Pada kegiatan konfirmasi, guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa dan bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan Kata kunci: Motivasi Belajar, model pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, model pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Jan 2013 11:15
Last Modified: 28 Jan 2013 11:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22445

Actions (login required)

View Item View Item