Peningkatan Kreatifitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (Air) ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Muhammadiyah 9 Jaten Karanganyar Tahun 2012 )

Fitriyani, Emi (2012) Peningkatan Kreatifitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (Air) ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Muhammadiyah 9 Jaten Karanganyar Tahun 2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dan indikator yang diteliti adalah: (1) bertanya pada guru atau siswa lain, (2) mengajukan ide pada saat pembelajaran, (3) mengerjakan soal latihan di depan kelas, (4) memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika, guru sebagai pemberi tindakan dan peneliti sebagai observer, sedangkan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Jaten sebagai subyek penelitian yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data menggunakan konsep triangulasi melalui metode wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreatifitas siswa dalam pembelajaran matematika yang meliputi: (a) siswa yang berani bertanya pada guru atau siswa lain meningkat dari (11,5% ) menjadi (46,15%), (b) siswa yang berani mengajukan ide pada saat pembelajaran meningkat dari (7,7%) menjadi (34,61%), (c) siswa yang berani mengerjakan soal latihan di depan kelas meningkat dari (23,08%) menjadi (57,69%), (d) siswa yang berani memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari (3,8%) menjadi (23,08%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui model pembelajaran AIR dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreatifitas, model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition(AIR)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Jan 2013 10:46
Last Modified: 28 Jan 2013 10:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22441

Actions (login required)

View Item View Item