Penggunaan Media Wayang Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa, Kelas VII SMP N 5 Sukoharjo, Tahun Ajaran 2011/2012

Siwi, Lucy Prasetyo and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. (2013) Penggunaan Media Wayang Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa, Kelas VII SMP N 5 Sukoharjo, Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ada dua tujuan yang dicapai dalam penelitian ini, (1) Mengetahui peningkatan kemampuan keterampilan berbicara peserta didik kelas VII A SMP N 5 Sukoharjo dalam menceritakan tokoh Pandawa dengan menggunakan media wayang. (2) Mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran berbicara atau bercerita dengan menggunakan media wayang.Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan tiga siklus. Setiap siklus dimulai dengan perencanaan tindakan berupa penyusunan rpp, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi untuk tindakan berikutnya. Teknik pengumpulan data diambil dari observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan praktek berbicara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tentang penggunaan media wayang untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sukoharjo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada siklus 1 diketahui nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 75, dengan jumlah nilai dan rata-rata 2335 dan 64,88. Pada silus II diketahui nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 80, dengan jumlah nilai dan rata-rata 2585 dan 71,80 sedangkan pada siklus terakhir siklus 3 diketahui nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 90, dengan jumlah nilai dan rata-rata 2860 dan 79,30. Terjadi peningkatan 10,66 % dari siklus 1 ke siklus II dan 10,64 % dari siklus II ke siklus III. Setelah menggunakan media wayang, siswa menjadi mudah dalam menyampaikan sesuatu, menyenangkan, dan siswa lebih banyak beraktifitas karena dianggap media wayang adalah media yang menyenangkan sambil belajar budaya Indonesia. Selain itu dengan adanya media wayang, peserta didik juga dapat belajar mengenai nama-nama wayang terutama tokoh Pandawa. Penggunaan media wayang ini sangat bermanfaat bagi peserta didik karena peserta didik dapat berlatih berbicara di depan umum dengan baik dan benar tanpa harus malu maupun grogi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media wayang, kemampuan berbicara.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Jan 2013 10:33
Last Modified: 28 Oct 2021 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22440

Actions (login required)

View Item View Item