Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Purwodadi Tahun Ajaran 2011/2012)

Noviyati, Indri and , Dra. Sri Sutarni, M. Pd. and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Purwodadi Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Purwodadi tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 38 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam: 1) mengemukakan ide meningkat dari 7,89% menjadi 52,63%, 2) mengajukan pertanyaan meningkat dari 5,26% menjadi 50%, 3) mengerjakan soal latihan di depan kelas meningkat dari 13,15% menjadi 73,69%, 4) menjawab pertanyaan meningkat dari 15,78% menjadi 57,89%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, belajar, Rotating Trio Exchange
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Jan 2013 08:46
Last Modified: 03 Nov 2021 01:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22439

Actions (login required)

View Item View Item