Pengelolaan Sekolah Berbasis Kurikulum Syariah Di Sd Islam Al Fattah Surakarta

Mabruri, Naim (2012) Pengelolaan Sekolah Berbasis Kurikulum Syariah Di Sd Islam Al Fattah Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (547kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAK.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini ada 3 tujuan yang ingin dicapai. (1) Pengelolaan sekolah yang profesional, (2) Peran dan fungsi pengelolaan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, (3) Implementasi kurikulum syariah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Islam Al Fattah Surakarta. Penelitian ini juga memberikan gambaran tentang pendidikan karakter di SD Islam Al Fattah Surakart. Penelitian ini di laksanakan di SD Islam Al Fattah Surakarta pada Tahun pelajaran 2011/2012, Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat diskriptif yaitu menggambarkan fenomena yang ada yang berlangsung saat ini atau pada masa lampau. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ada tiga. (1) Pengelolaan sekolah yang unggul meliputi prinsip kesamaan dan keadilan dalam pendidikan, mempercepat peningkatan mutu pendidikan, pemberian insentif bagi guru, peningkatan kualitas guru melalu pelatihan, workshop maupun study lanjut. Pendidikan yang dilaksanakan di SD Islam Al Fattah Surakarta adalah pendidikan karakter yang berbasis spiritual experience, yaitu mengalami suatu keadaan dengan keteladanan dapat mempengaruhi pola piker, pola persepsi dan pola perasaan sehingga terimplementasi dalam pola perilaku yang positif. (2) Pengelolaan sekolah yang professional, jujur, disiplin, tertib dan amanah menjadikan sekolah unggul dan berkualitas. Kondisi yang demikian menjadikan guru, karyawan, murid maupun penjaga sekolah memiliki sikap mental yang prima, semangat kerja, disiplin tinggi sehingga memiliki daya juang dan daya saing yang kuat. (3) Implementasi kurikulum syariah di SD Islam Al Fattah Surakarta adalah Kurikulum Pendidikan Nasional yang dikembangkan sesuai dengan cirri khusus yaitu syariat dan ajaran Islam, mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam seluruh kegiatan pembelajaran. Dengan mengimplementasikan ajaranIslam dan menintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam kurikulum dapat menumbuhkan komitmen bersama, bahwa apa yang dilakukan adalah ibadah untuk mencari keridhoaan Allah SWT.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan sekolah , kurikulum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jan 2013 11:05
Last Modified: 23 Jan 2013 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22419

Actions (login required)

View Item View Item