ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI TINGKAT TABUNGAN PADA BANK HARDA INTERNASIONAL CABANG SURAKARTA PERIODE APRIL 2004-APRIL 2007

Anayanti, Henny (2008) ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI TINGKAT TABUNGAN PADA BANK HARDA INTERNASIONAL CABANG SURAKARTA PERIODE APRIL 2004-APRIL 2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100040312.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)

Abstract

Dalam penelitian ini dikemukakan perumusan masalahnya adalah apakah tingkat suku bunga, biaya pelayanan dan biaya pemasaran dapat berpengaruh terhadap tingkat tabungan, serta dari ketiga variabel tersebut manakah yang paling dominant berpengaruh terhadap besarnya tingkat tabungan. Hipotesis yang dikemukakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah diduga variabel tingkat suku bunga, biaya pelayanan dan biaya pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat tabungan pada BHI Cabang Surakarta, serta variabel yang paling dominant pengaruhnya terhadap tingkat tabungan BHI Cabang Surakarta adalah variabel tingkat suku bunga. Berdasarkan analisa data, persamaan regresi yang dihasilkan dari penelitian ini : Y = 3772858015,736 + 61,961X1 + 4,769X2 + 188,003X3. Berdasarkan uji t diketahui bahwa ada pengaruh signifikan antara perubahan tingkat suku bunga terhadap tingkat tabungan dengan nilai thitung (12,576) > ttabel (2,032). Perubahan biaya pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat tabungan dengan nilai thitung (1,095) < ttabel (2,032). Perubahan biaya pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat tabungan dengan nilai thitung (4,361) > ttabel (2,032). Berdasarkan uji F, nilai Fhitung (85,038) > Ftabel (2,892) yang berarti ada pengaruh signifikan antara perubahan tingkat suku bunga, perubahan biaya pelayanan dan perubahan biaya pemasaran terhadap tingkat tabungan. Nilai R2 sebesar 0,885 atau 88,5% yang berarti variasi perubahan tingkat tabungan bisa dijelaskan oleh variasi perubahan tingkat suku bunga, perubahan biaya pelayanan dan perubahan biaya pemasaran sebesar 88,5%; sisanya sebesar 11,5% dijelaskan oleh faktor lain diluar model. Berdasarkan uji korelasi, adanya hubungan yang kuat antara variabel tingkat suku bunga dan biaya pemasaran terhadap tingkat tabungan yaitu masingmasing sebesar 0,894 dan 0,577. Terdapat hubungan yang lemah antara variabel biaya pelayanan terhadap tingkat tabungan sebesar 0,227. Dari hasil penelitian tersebut bahwa variabel tingkat suku bunga dan biaya pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat tabungan pada BHI Cabang Surakarta, sedangkan variabel biaya pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat tabungan pada BHI Cabang Surakarta. Dari hasil analisis data ini pula, bahwa variabel tingkat suku bunga mempunyai pengaruh yang paling dominant terhadap tingkat tabungan pada BHI Cabang Surakarta dengan ditunjukkan nilai t sebesar 12,576 dan didukung juga dengan harga korelasi sebesar 0,894.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat tabungan, tingkat suku bunga, biaya pelayanan, biaya pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Aug 2008 03:44
Last Modified: 02 Feb 2011 04:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item