Peningkatan Kualitas Pembelajaran Penjaskes Pada Lempar Lembing Melalui Pendekatan Bermain Berbasis Modifikasi Alat Pada Siswa Kelas X Multi Media Semester Genap SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Sutrisno, Budi (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Penjaskes Pada Lempar Lembing Melalui Pendekatan Bermain Berbasis Modifikasi Alat Pada Siswa Kelas X Multi Media Semester Genap SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (378kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (252kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran lempar lembing dengan melalui penerapan pendekatan bermain berbasis modifikasi alat bagi siswa kelas X Multi Media di SMK Negeri 9 Surakarta. (2) Untuk meningkatkan kualitas output pembelajaran lempar lembing dengan melalui penerapan pendekatan bermain berbasis modifikasi alat bagi siswa kelas X Multi Media di SMK Negeri 9 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti mengambil lokasi di SMK Negeri 9 Surakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara atau diskusi, kajian dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan model siklus penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini adalah (1) Peningkatan proses pembelajaran dari prasiklus ke siklus I paling banyak terjadi pada keaktifan siswa, dimana pada prasiklus siswa yang aktif sebanyak 5 siswa, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 17 siswa. Peningkatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II paling banyak terjadi pada kedisiplinan siswa dalam KBM, dimana pada siklus siswa yang disiplin dalam KBM sebanyak 12 siswa, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 16 siswa. Peningkatan proses pembelajaran dari prasiklus ke siklus II paling banyak terjadi pada keaktifan siswa, dimana pada siklus siswa yang aktif dalam KBM sebanyak 5 siswa, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 19 siswa. (2) Kualitas hasil pembelajaran dari prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan, dimana pada prasiklus siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa, sedangkan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa. Dengan demikian ketuntasan hasil pembelajaran dari prasiklus ke siklus I meningkat sebanyak 13 siswa. Kualitas hasil pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, dimana pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa. Dengan demikian ketuntasan hasil pembelajaran dari siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 16 siswa. Kualitas hasil pembelajaran dari prasiklus ke siklus II mengalami peningkatan, dimana pada prasiklus siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa. Dengan demikian ketuntasan hasil pembelajaran dari prasiklus ke siklus II meningkat sebanyak 29 siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kualitas proses, kualitas hasil, lempar lembing berbasis modifikasi alat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Jan 2013 07:03
Last Modified: 22 Jan 2013 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22399

Actions (login required)

View Item View Item