Isolasi Dan Identifikasi Flavonoid Dari Daun Makuto Dewo (Phaleria macrocarpa [Scheff] Boerl.)

Anggraini, Angga (2008) Isolasi Dan Identifikasi Flavonoid Dari Daun Makuto Dewo (Phaleria macrocarpa [Scheff] Boerl.). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (900kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (193kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
8.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
MAKALAH_PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Flavonoid merupakan senyawa alam dalam tumbuhan tinggi dan mempunyai berbagai macam bioaktivitas sesuai dengan jenis flavonoidnya. Dan merupakan salah satu senyawa polifenol yang mempunyai 15 atom karbon, yang tediri dari dua cincin benzen yang dihubungkan menjadi satu oleh rantai lurus yang terdiri dari tiga atom karbon. Flavonoid terdapat pada hampir semua bagian tumbuhan seperti akar, batang daun, bunga tepung sari, buah, biji, kayu, kulit kayu dan mempunyai berbagai macam bioaktivitas yang sesuai dengan jenisnya. Makuto dewo merupakan jenis tanaman yang pada umumnya dibudidayakan sebagai tanaman hias atau peneduh. Kandungan kimia makuto dewo juga sangat tinggi, salah satunya adalah flavonoid. Tujuan dari penelitian ini adalah mengisolasi dan mengidentifikasi flavonoid dari daun makuto dewo (Phaleria macrocarpa [Scheff] Boerl.). Serbuk daun makuto dewo diawalemakkan dengan was benzen, kemudian dimaserasi dengan etanol 70%. Ekstrak etanol difraksinansi dengan eter, etil asetat, dan air. Fraksi air dengan fase diam selulosa, fase gerak metanol : air 1:1 v/v diperoleh empat bercak dengan Rf 0,23; 0,40; 0,57; 0,71. Keempat bercak psitif nengandung flavonoid dengan deteksi uap amonia dan sitroborat. Diplih bercak dengan Rf 0,71 untuk diisolasi dengan KLT preparatif karena mempunyai intensitas maximum yang paling jelas. Selanjutnya dilakukan pembuktian kemurnian isolat flavonoid dengan KLT dua dimensi dan hidrolisis isolat fraksi air untuk mengetahui kandungan gula dalam flavonoid. Untuk mengidentifikasi struktur parsial flavonoid dilakukan pembacaan serapan spektrofotometri ultraviolet dengan menggunakan pereaksi diagnostik (NaOH, AlCl3, HCl, NaOAc, dan H3BO3). Isolat fraksi air daun makuto dewo (Phaleria macrocarpa [Scheff] Boerl.) mempunyai struktur parsial yaitu turunan 7, 4’ dihidroksi flavon atau 7,4’ dihidroksi flavonol 3.O – monoglikosida.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Isolasi, identifikasi, flavonoid, daun makuto dewo (Phaleria macrocarpa [Scheff] Boerl.), fraksi air
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jan 2013 05:34
Last Modified: 19 Jan 2013 05:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22364

Actions (login required)

View Item View Item