Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas IX Terbitan Erlangga

Nurjanah, Dewi (2012) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas IX Terbitan Erlangga. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (285kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Memaparkan karakteristik penyajian buku materi ajar terkait dengan pendidikan karakter Bahasa Indonesia untuk SMP kelas IX Terbitan Erlangga. 2.) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung pada buku materi ajar Bahasa Indonesia untuk SMP kelas IX Terbitan Erlangga . Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah pernyataan-pernyataan yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku materi ajar Bahasa Indonesia untuk SMP kelas IX Terbitan Erlangga. Sumber data berisi tentang data-data yang dianalisis untuk menjawab permasalahan yang ada pada penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data tertulis yang berupa buku materi Bahasa Indonesia untuk SMP kelas IX Terbitan Erlangga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik baca, simak, dan catat. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi peneliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyajian dapat dinyatakan Buku Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX Terbitan Erlangga mempunyai komponen meliputi: judul buku, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan buku, judul pelajaran, rincian subjudul, rangkuman, daftar pustaka, peta konsep, subjudul per KD, tujuan KD, penjelasan (teoritis), contoh-contoh, latihan, tugas. Komponen buku teks tersebut yang tidak sesuai dengan pedoman antara lain: Ulangan harian, ulangan semester, refleksi, glosarium, dan indeks. Dan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam buku materi ajar Bahasa Indonesia untuk SMP kelas IX Terbitan Erlangga meliputi: 1) religius, 2) jujur, 3) disiplin, 4) kerja keras, 5) kreatif, 6) mandiri, 7) demokratis, 8) rasa ingin tahu, 9) semangat kebangsaan, 10) cinta tanah air, 11) menghargai prestasi, 12) bersahabat atau komunikatif, 13) gemar membaca, 14) peduli lingkungan, 15) peduli sosial, dan 16) tanggung jawab.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, Buku materi ajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jan 2013 10:59
Last Modified: 16 Jan 2013 10:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22352

Actions (login required)

View Item View Item