Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Crh (Crouse Review Horay) Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri Mojogedang Tahun Ajaran 20112012

SUSIATI , WIWIN (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Crh (Crouse Review Horay) Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri Mojogedang Tahun Ajaran 20112012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (493kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada pokok bahasan gaya dan pesawat sederhana dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran CRH (Course Review Horay). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Mojogedang Karanganyar yang berjumlah 26 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang bertindak sebagai guru. Data dikumpulkan melalui observasi, dan dokumentasi. Analisis data berupa reduksi data, sajian data dan analisis data secara deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah dengan meningkatkan hasil belajar IPA pada pokok materi gaya dan pesawat sederhana siswa kelas V melalui metode pembelajaran CRH (Course Rivew Horay). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu: pada tahap pra siklus yang mendapat nilai 6 sebanyak 14 anak, pada siklus I sebanyak 6 anak, pada siklus II sebanyak 0. Pada tahap pra siklus siswa yang mendapat nilai 7 sebanyak 7 anak, pada siklus I sebanyak 10 anak, pada siklus II sebanyak 6 anak. Pada tahap pra siklus siswa yang mendapat nilai 8 sebanyak 5 anak, pada siklus I sebanyak 10 anak, pada siklus II sebanyak 13 anak, sedangkan siswa yang mendapat nilai 9 hanya ada pada siklus II sebanyak 7 anak. Keaktifan siswa dalam mengungkapkan pendapat meningkat, yaitu: pada tahap pra siklus sebesar 15,3%, pada tahap siklus I sebesar 53,8%, dan pada tahap siklus II sebesar 65,3%. Keaktifan siswa dalam bertanya mengalami peningkatan, yaitu: pada tahap pra siklus sebesar 19,2%, pada tahap siklus I sebesar 57,6%, dan pada tahap siklus II sebesar 57,6%. Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan juga mengalami peningkatan, yaitu: pada tahap pra siklus sebesar 26,9%, pada tahap siklus I sebesar 57,6%, dan pada tahap siklus II sebesar 92,3%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, CRH (Course Riview Horay), Gaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2013 10:56
Last Modified: 16 Jan 2013 12:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22351

Actions (login required)

View Item View Item