Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Portofolio (Ptk Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 02 Ngemplak KidulMargoyoso Pati)

Wahyuningsih, Arum (2006) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Portofolio (Ptk Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 02 Ngemplak KidulMargoyoso Pati). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran portofolio dapat meningkatkan hasil belajar matematika, 2) untuk mengetahui apakah keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar yang berdampak pada prestasi belajar siswa, 3) untuk mengetahui apakah rencana pembelajaran dan penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru secara berkala dan berkesinambungan sesuai dengan model pembelajaran portofolio . Subyek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngemplak Kidul Margoyoso Pati sejumlah 34 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan, kemudian proses analisis data dikembangkan secara deskriptif dengan mencari daya serap siswa melalui latihan soal pada setiap putaran. Data sebelum diadakan penelitian yaitu: 1) keaktifan siswa dalam bertanya sebesar 5,9%, 2) keaktifan siswa mengemukakan ide/gagasan sebesar 2,94, 3) keaktifan siswa mengerjakan soal di depan kelas sebesar 8,82%, 4) prestasi belajar siswa sebesar 29,41%. Setelah pembelajaran dengan portofolio, data penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa, yaitu: 1) keaktifan siswa dalam bertanya pada putaran I 29,41%, putaran II 44,12%, putaran III 64,71%, 2) keaktifan siswa mengemukakan ide/gagasan pada putaran I 23,53%, putaran II 35,29%, putaran III 52,94%, 3) keaktifan siswa mengerjakan soal di depan kelas pada putaran I 35,29%, putaran II 52,94%, putaran III 73,53%, 4) prestasi belajar siswa pada putaran I 52,99%, putaran II 61,76%, putaran III 82,35%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan model pembelajaran menggunakan portofolio dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran, portofolio
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 Jan 2013 10:56
Last Modified: 02 Jan 2013 10:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22285

Actions (login required)

View Item View Item