Pengaruh Tes Bentuk Obyektif Dan Bentuk Essay Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa (Smp Muhammaduyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2005/2006)

Wulandari, Retno (2002) Pengaruh Tes Bentuk Obyektif Dan Bentuk Essay Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa (Smp Muhammaduyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2005/2006). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img]
Preview
PDF (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh tes oyektif dan tes essay terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Interaksi jenis pemberian tes dan minat terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan persamaan garis lurus. Sampel diambil secara random sampling sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa diberi tes obyektif dan 20 siswa tes essay dari populasi sebanyak 80 siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes, angket dan dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian kuatitatif dengan analisis datanya menggunakan aalisis variansi 2 jalan sel tak sama. Pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan menggunakan Uji keseimbngan dengan uji t, Uji Normalitas dengan metode Lilliefors dan Uji Homogenitas Uji Barlet. Semua perhitungan menggunakan bantuan program SPSS Versi 11.5. Dari analisis diperoleh (1) Fa = 4,733 > Ftabel = 4,143 yang berarti pengaruh tes obyektif dan tes essay terhadap prestasi (2) Fb = 20,291 > Ftabel = 3,22 maka terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) Fab = 5,788 > Ftabel = 3,22 dengan taraf signifikansi 0,05 maka ada interaksi jenis pemerian tes dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh tes bentuk obyektif dan bentuk essay terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari minat belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tes Obyektif, Tes Essay, Minat Belaar, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Dec 2012 12:13
Last Modified: 21 Dec 2012 12:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22257

Actions (login required)

View Item View Item