Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Logaritma (Siswa Kelas Ix Smp Negeri I Purwodadi Grobogan)

Wardhani , Desi Nitalya Puspa (2002) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Logaritma (Siswa Kelas Ix Smp Negeri I Purwodadi Grobogan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelasaikan soal pada pokok bahasan logaritma dan seberapa besar persentase kesalahan yang dilakukannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri I Purwodadi Grobogan tahun ajaran 2006/2007, sedangkan sampelnya berjumlah 48 anggota. Sampel diambil dengan penarikan sampel secara cluster random. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai metode pokok dan metode dokumentasi sebagai metode bantu. Tes yang disusun berupa soal-soal uraian tentang materi logaritma. Setelah melakukan perhitungan terhadap data yang diperoleh maka didapat persentase untuk tiap-tiap kesalahan, yaitu kesalahan pemahaman materi pelajaran sebesar 57,55% yang tergolong cukup, kesalahan mengaplikasikan rumus sebesar 55,56% yang tergolong cukup, kesalahan menganalisis soal sebesar 73,91% yang tergolong tinggi, dan kesalahan mengevaluasi soal sebesar 6,67% yang tergolong sangat rendah. Dengan demikian dapat diketahui jenis kesalahan terbesar adalah pada kesalahan dalam menganalisis soal, sehingga pada tingkat kompetensi ini perlu diperhatikan dengan seksama untuk melakukan perbaikan lebih lanjut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, kesalahan, logaritma
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Dec 2012 12:04
Last Modified: 21 Dec 2012 12:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22256

Actions (login required)

View Item View Item