Studi Komparansi Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Struktural Tipe Tps (Think Pair Share) Dan Tipe Nht (Numbered Head Together) Pada Pokok Bahasan Persegi Panjang Dan Persegi (Eksperimentasi Pembelajaran Di Smp Negeri 1 Kaliori)

Isa, Solekhatun (2006) Studi Komparansi Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Struktural Tipe Tps (Think Pair Share) Dan Tipe Nht (Numbered Head Together) Pada Pokok Bahasan Persegi Panjang Dan Persegi (Eksperimentasi Pembelajaran Di Smp Negeri 1 Kaliori). Skripsi thesis, Universits Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa pada materi persegi panjang dan persegi yang menggunakan pembelajaran kooperatif melalui pendekatan struktural tipe TPS dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif melalui pendekatan struktural tipe NHT. 2) untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa pada topik persegi panjang dan persegi yang menggunakan metode pembelajaran tipe TPS lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan metode pembelajaran tipe NHT. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas I SMP Negeri 1 Kaliori semester 2 tahun Ajaran 2005/2006 yang berjumlah 160 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 80 siswa dengan menggunakan tehnik random sampling berkelompok cara undian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan metode dokumentasi yang bertujuan untuk mengetahui efektif dan tidaknya penggunaan metode kooperatif dengan pendekatan struktural tipe TPS dan tipe NHT dalam memahami persegi panjang dan persegi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari pembahasan analisis data dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan prestasi belajar antara yang menggunakan model pembelajaran melalui pendekatan struktural tipe TPS dan yang menggunakan model pembelajaran melalui pendekatan struktural tipe NHT dengan thit = 2,32. 2) model pembelajaran melalui pendekatan struktural tipe TPS lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran melalui pendekatan struktural tipe NHT dilihat dari rata-rata nilai tes akhir kedua kelompok (kelompok TPS = 6,98 dan kelompok NHT = 6,34).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tipe TPS (Think Pair Share), Tipe NHT (Numbered Head Together), prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Dec 2012 11:08
Last Modified: 04 Jan 2013 10:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22249

Actions (login required)

View Item View Item