Keterkaitan Antara Dimensi Kualitas Jasa Dengan Keputusan Konsumen Untuk Menjadi Nasabah Pada BPD Cabang Surakarta Tahun 2004

Kusumawati, Fitri Oktaria (2004) Keterkaitan Antara Dimensi Kualitas Jasa Dengan Keputusan Konsumen Untuk Menjadi Nasabah Pada BPD Cabang Surakarta Tahun 2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_depan.pdf

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: a) mengetahui bagaimana keterkaitan faktor-faktor dimensi kualitas jasa dengan keputusan konsumen menjadi nasabah Bank Pembangunan Daerah Cabang Surakarta; dan, b) faktor dimensi kualitas jasa yang mempunyai keterkaitan kuat dengan keputusan konsumen menjadi nasabah Bank Pembangunan Daerah Cabang Surakarta. Penelitian ini mengambil objek penelitian para nasabah Bank Pembangunan Daerah Cabang Surakarta dengan bentuk penelitian survei. Penelitian ini bersifat explanatory riset yaitu menjelaskan keterkaitan penilaian dimensi kualitas jasa dengan keputusan konsumen untuk menjadi nasabah pada Bank Pembangunan Daerah Cabang Surakarta. Populasi penelitian adalah semua nasabah Bank Pembangunan Daerah Cabang Surakarta yang terdaftar mulai bulan Januari hingga bulan Maret tahun 2004, yaitu sebanyak 1012 nasabah. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang nasabah diambil dengan menggunakan metode convenience sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan alat analisis chi square dan koefisien kontingensi untuk mengetahui besarnya keterkaitan faktor-faktor dimensi kualitas jasa terhadap keputusan pembelian konsumen untuk menjadi nasabah BPD Cabang Surakarta. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: a) terdapat keterkaitan faktor-faktor dimensi kualitas jasa yang meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy dengan keputusan konsumen untuk menjadi nasabah; dan b) faktor dimensi kualitas jasa yang mempunyai keterkaitan paling kuat dengan karakteristik konsumen adalah faktor empathy yang meliputi penerimaan nasabah, proses menjadi nasabah, aksesibilitas dan tanggap pada konsumen terhadap faktor usia konsumen. Hal ini dapat dilihat dari selisih nilai C dan Cmaks yang merupakan selisih terkecil, yaitu sebesar 0,331. Dari hasil penelitian dan analisis data yang telah disimpulkan diatas, dapat diajukan saran-saran sebagai berikut: a) Bank Pembangunan Daerah Cabang Surakarta selaku penyedia layanan jasa perbankan harus lebih meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah; b) bank yang mempunyai fungsi sebagai media perantara keuangan (financial intermediary) antara debitur dan kreditur dana harus mampu memberikan jaminan terhadap keamanan uang nasabah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 11:32
Last Modified: 20 Dec 2012 11:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22238

Actions (login required)

View Item View Item