Pengelolaan Pendidikan Karakter Siswa Mi Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang

Tamsari, Tamsari (2012) Pengelolaan Pendidikan Karakter Siswa Mi Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (660kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (275kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (333kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (497kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) Penerapan pendidikan karakter siswa MI Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang; (2) Metode pembelajaran karakter siswa MI Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang; (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi karakter siswa MI Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang. Penelitian ini dilakukan pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan langkah-langkah: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Penerapan pendidikan karakter siswa MI Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang, melalui pembiasaan (Habituasi) atau budaya sekolah seperti pembiasaan berjabat tangan, mengucapkan salam, shalat sunnah dhuha, merupakan kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekolah yang menanamkan nilai-nilai karakter dengan konsep dasar Misi: melaksanakan pembinaan ahlak sesuai nilai-nilai keislaman. Adapun Tahap penerapan pembiasaan (habituasi) atau budaya sekolah tersebut dengan mengarahkan, ajakan, keteladanan dan pemberian contoh-contoh; (2) Metode pembelajaran karakter siswa MI Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang, melalui metode variatif, dengan selalu berusaha mengaitkan atau memasukan materi atau pokok bahasan ke dalam nilai-nilai karakter (Reflektif). Dan memberikan nasehat-nasehat, arahan, wejangan, tausiyah, untuk selalu berbuat kebaikan sesuai dengan nilai-nilai keislaman, yang dilakukan sebelum atau sesudah atau di sela-sela penyampaian materi; (3) Faktor yang mempengaruhi karakter siswa MI Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang, dalam pendidikan karakter adalah bentuk dukungan dari lingkungan keluarga (orang tua), lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat dan stakeholder lainnya, merupakan turut mempengaruhi nilai-nilai karakter anak melalui tingkat perhatian, kasih sayang, dan bimbingan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan dan pendidikan karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:44
Last Modified: 20 Dec 2012 04:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22226

Actions (login required)

View Item View Item