Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Pagi Dan Kebiasaan Jajan Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di SDN Banyuanyar III Surakarta

Faizah, Siti Noor (2012) Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Pagi Dan Kebiasaan Jajan Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di SDN Banyuanyar III Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (806kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (552kB)

Abstract

Latar Belakang : Sarapan pagi bagi anak sekolah dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan dalam menyerap pelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan penelitian observasi di dapatkan data tentang kebiasaan sarapan sebagian besar siswa tidak melakukan sarapan pagi 40% dan data tentang kebiasaan jajan sebesar 62% siswa memiliki kebiasaan jajan sedangkan prestasi belajar siswa yaitu sebesar 50% mempunyai prestasi belajar baik, sebesar 42,5% mempunyai prestasi belajar cukup dan 7,5% mempunyai prestasi belajar kurang. Tujuan : Mengetahui hubungan kebiasaan sarapan pagi dan kebiasaan jajan terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar di SDN Banyuanyar III Surakarta. Metode Penelitian : Jenis penelitian bersifat observasional dengan pendekatan yang digunakan adalah crossectional. Sampel penelitian ini adalah 64 siswa. Data kebiasaan sarapan pagi dan kebiasaan jajan diperoleh dengan cara wawancara dengan acuan kuesioner. Data prestasi belajar didapat dari ulangan harian siswa. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi-Square Hasil : Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar sampel tidak biasa sarapan pagi sebesar 67% dan sebagian besar sampel melakukan jajan di sekolah sebesar 78%. Hasil uji hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar nilai p = 0,03. Hasil uji hubungan antara kebiasaan jajan dengan prestasi belajar nilai p = 0,00. Kesimpulan : Ada hubungan antara kebiasaan sarapan pagi dan kebiasaan jajan terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar di SDN Banyuanyar III Surakarta .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sarapan pagi, jajan dan prestasi belajar
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Dec 2012 11:39
Last Modified: 19 Dec 2012 11:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22216

Actions (login required)

View Item View Item