Pengelolaan Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari Berbasis Lomba (Studi Situs SD N Sidomulyo 03 Ungaran Kabupaten Semarang)

LISTYARI , MM SITI (2012) Pengelolaan Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari Berbasis Lomba (Studi Situs SD N Sidomulyo 03 Ungaran Kabupaten Semarang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (694kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_(2).pdf

Download (309kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan ciri-ciri pembelajaran ekstrakurikuler seni tari di SD NegeriSidomulyo 03 Ungaran Kabupaten Semarang. (2) Mendeskripsikan ciri-ciri pengelolaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di SD Negeri Sidomulyo 03 Ungaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SD Negeri Sidomulyo 03 Ungaran Kabupaten Semarang. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru. Teknik pengumpulandata yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dankesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility(validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability(reabilitas), dan confermability(objektivitas). Hasil penelitian (1) Pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler seni tari berdasarkan pada RPP mata pelajaran Seni Budaya danKetrampilan (SBK). Dalam pembelajaran ekstrakurikuler memasukkan materi tentang kebudayaan dari daerah asal. Kegiatan ekstrakurikuler seni tari dilaksanakan seminggu sekali yaitu setiap hari Rabu pukul 13.00 s/d 15.00 WIB. Pemberian materi tersebut untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang budaya daerah.Untuk meningkatkan minat siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, guru memberikan motivasi kepada siswa. (2) Pelaksanaan ekstrakurikuler diawali dengan kegiatan perencanaan yang dibuat oleh guru mengacu pada program kerja atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP ). Dalam kegiatan perencanaan para guru membahas tentang tenaga pengajar, biaya opersaional dan membahas tentang waktu dan tempat pelaksanaan ekstrakurikuler. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari dipengaruhi dengan materi yang diajarkan oleh guru.Guru memberikan materi secara bergantian yaitu kombinasi antara tarian klasik dan diselingi dengan tarian modern. Metode yang digunakan guru juga dapat dipengaruhi pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari antara lain metode audiovisual, rollplaying dan peragaan gerak. Kegiatan evaluasi pembelajaran ektrakurikukuler seni tari dilakukan pada akhir latihan. Kegiatan evaluasi dilakukan satu persatu oleh para siswa. Hasil evaluasi ekstrakurikuler seni tari dapat digunakan oleh guru pembimbing menambah nilai siswa di luar jam sekolah dan juga dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam lomba.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, ekstrakurikuler seni tari
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 06:37
Last Modified: 19 Dec 2012 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22202

Actions (login required)

View Item View Item