Pengelolaan Bengkel Teknik Kendaraan Ringan di SMK Bersertifikat ISO 9001: 2008 (Studi Situs di SMK Muhammadiyah Salatiga)

Adriyanto, Dian (2012) Pengelolaan Bengkel Teknik Kendaraan Ringan di SMK Bersertifikat ISO 9001: 2008 (Studi Situs di SMK Muhammadiyah Salatiga). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (865kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] PDF (Bab VI)
8._Bab_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
13._Naskah_Publikasi_Fulltex.pdf

Download (687kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan karakteristik aktivitas belajar siswa di bengkel TKR SMK Muhammadiyah Salatiga, (2) mendeskripsikan karakteristik aktivitas mengajar guru di bengkel TKR SMK Muhammadiyah Salatiga, dan (3) menderkripsikan karakteristik lay out bengkel TKR SMK Muhammadiyah Salatiga. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Desain penelitian menggunakan studi etnografi yang mendeskripsikan dan menginterpretasikan aktivitas belajar mengajar praktek di bengkel TKR dan lay out bengkel TKR SMK Muhammadiyah Salatiga. Informan sebagai nara sumberyaitu kepala sekolah, guru produktif TKR dantoolman. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengujian keabsahan data melalui teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) karakteristik aktivitas belajar siswa di bengkel: Pembelajaran praktek dibuat dalam beberapa kelompok dengan job yang berbeda. Selama praktek siswa mengerjakan job praktek berulang-ulang dan bergantian dalam kelompoknya agar lebih trampil. (2) karakteristik aktivitas mengajar guru di bengkel TKR: Sebelum melaksanakan tugas mengajar guru menyusun program pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Selama praktek, guru memantau kegiatan praktek siswa secara langsung dan membimbingnya dengan seksama. (3) karakteristik lay out bengkel TKR: Tata letak alat dan bahan praktek disesuaikan dengan kompetensi yang ada pada program keahlian TKR. Belum adanya tempat untuk menyimpan alat dan bahan praktek yang rusak. Demikian juga, belum adanya tempat untuk perawatan dan perbaikan alat dan bahan praktek. Alat dan bahan praktek diawasi keberadaan dan keadaannya. Pengawasan dilakukan saat praktek maupun dengan kartu kontrol dan buku inventarisasi alat dan bahan praktek.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, aktivitas belajar mengajar, lay out bengkel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 06:04
Last Modified: 19 Dec 2012 08:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22197

Actions (login required)

View Item View Item