Analysis Of Errors Found In English Textbooks For Elementary School Students In Salatiga

Sulistyarini, Ika (2012) Analysis Of Errors Found In English Textbooks For Elementary School Students In Salatiga. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Front Page)
COVER.pdf

Download (759kB)
[img]
Preview
PDF (Chapter I)
CHAPTER_I.pdf

Download (304kB)
[img] PDF (Chapter II)
CHAPTER_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] PDF (Chapter III)
CHAPTER_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Chapter IV)
CHAPTER_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] PDF (Chapter V)
CHAPTER_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img]
Preview
PDF (Bibliography)
BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Appendix)
APPENDICES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img]
Preview
PDF (Manuscript Publication)
PUBLICATION_MANUSCRIPT.pdf

Download (647kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tiga tujuan: mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang ditemukan dalam buku-buku teks bahasa Inggris untuk siswa sekolah dasar di Salatiga, mengetahui jumlah dan frekuensi dari setiap jenis kesalahan, dan menjelaskan penyebab atau sumber dari kesalahan-kesalahan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menganalisa kalimat-kalimat yang salah dalam buku-buku teks yang digunakan oleh siswa sekolah dasar di Salatiga pada semester 1 dan 2. Kesalahan-kesalahan tersebut dianalisa dengan menggunakan prosedur analisa kesalahan, yaitu: identifikasi kesalahan, gambaran kesalahan, dan penjelasan kesalahan. Analisa kesalahan mengungkapkan bahwa ada sejumlah kesalahan yang ditemukan dalam buku-buku teks bahasa Inggris untuk siswa sekolah dasar di Salatiga. Kesalahan-kesalahan tersebut meliputi kesalahan pada bentuk jamak, kata ganti, artikel, kata kerja, to be, kata kerja bantu do, tensis, preposisi, konjungsi, dan kosa kata. Terkait dengan jumlah dan frekuensi tiap jenis kesalahan, temuan-temuan tersebut adalah: Pertama, pada Start With English, penulis buku teks tersebut membuat 18 kesalahan. Kesalahan-kesalahan tersebut digolongkan ke dalam tujuh jenis kesalahan yang terdiri dari kesalahan pada bentuk jamak, kata ganti, artikel, kata kerja, to be, kata kerja bantu do, dan preposisi. Dia membuat kesalahan pada bentuk jamak dengan 4 kesalahan (22,22%), kata ganti dengan 3 kesalahan (16,67%), artikel dengan 2 kesalahan (11,11%), kata kerja dengan 2 kesalahan (11,11%), to be dengan 3 kesalahan (16,67%) , kata kerja bantu do dengan 2 kesalahan (11,11%), dan yang terakhir preposisi dengan 2 kesalahan (11,11%). Kedua, pada Logika, penulis buku teks tersebut membuat 22 kesalahan. Kesalahan-kesalahan tersebut digolongkan ke dalam lima jenis kesalahan yang terdiri dari kesalahan pada bentuk jamak, kata ganti, artikel, tensis, dan preposisi. Dia membuat kesalahan pada bentuk jamak dengan 8 kesalahan (36,36%), kata ganti dengan 7 kesalahan (31.82%), artikel dengan 3 kesalahan (13,64%), tensis dengan 2 kesalahan (9,09%), dan preposisi dengan 2 kesalahan (9,09%) . Ketiga, pada ETAS, penulis buku teks tersebut membuat 123 kesalahan. Kesalahan-kesalahan trsebut digolongkan menjadi sembilan jenis kesalahan yang terdiri dari kesalahan pada bentuk jamak, kata ganti, artikel, kata kerja, to be, kata kerja bantu do, preposisi, konjungsi, dan kosa kata. Dia membuat kesalahan pada bentuk jamak dengan 34 kesalahan (27.64%), kata ganti dengan 25 kesalahan (20,33%), artikel dengan 19 kesalahan (15,48%), kata kerja dengan 12 kesalahan (9,76%), to be dengan18 kesalahan (14,63%) , kata kerja bantu do dengan 6 kesalahan (4,88%), preposisi dengan 4 kesalahan (3,25%), konjungsi dengan 2 kesalahan (1,63%), dan kosa kata dengan 3 kesalahan (2,44%). Selain itu, hasil analisa menunjukkan bahwa ada tiga sumber kesalahan, yaitu: (1) Faktor interlingual yang terdiri dari transfer struktur, (2) faktor intralingual yang terdiri dari overgeneralisasi, pengabaian batasan-batasan aturan, penerapan aturan-aturan yang tidak lengkap, dan konsep yang salah, dan (3) faktor penulis dan faktor proses penulisan yang terdiri dari kegunaan bahasa target yang jarang digunakan, deadline yang terburu-buru, tidak adanya editor dan tidak adanya korektor, tidak pernah mendapatkan pelatihan penulisan buku teks, dan tidak pernah mempunyai pengalaman dalam menulis buku teks sebelumnya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisa Kesalahan, Buku Teks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Dec 2012 07:19
Last Modified: 18 Dec 2012 07:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22178

Actions (login required)

View Item View Item