Penanaman Nilai –nilai Moral Pada Siswa Studi Kasus di SMA N ISukoharjo

Laksono, Danang Tunjung (2012) Penanaman Nilai –nilai Moral Pada Siswa Studi Kasus di SMA N ISukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN_TESIS.pdf

Download (649kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
TESIS_BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
TESIS_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (Bab III)
TESIS_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
TESIS_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] PDF (Bab V)
TESIS_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab VI)
TESIS_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (385kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (688kB)

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan penanaman nilai‐nilai moral pada siswa oleh pihak lembaga. (2) Mendeskripsikan penanaman nilai‐nilai moral pada siswa melalui pembelajaran di kelas. (3) Mendeskripsikan penanaman nilai‐nilai moral pada siswa melalui ekstrakurikuler.(4) Mendeskripsikan penanaman nilai‐nilai moral pada siswa pada saat sebelum masuk kelas, jam istirahat maupun jam pulang sekolah.    Penelitian ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.    Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penanaman nilai moral pada siswa oleh pihak lembaga berpola keterpaduan antara pembelajaran, ekstrakurikuler dengan penanaman nilai moral pada aktivitas siswa di sekolah (2) Penanaman nilai‐nilai moral melalui pembelajaran di kelas dengan RPP yang berisi nilai moral, penyisipan nilai‐nilai moral dalam pembelajaran. (3) Penanaman nilai‐nilai moral pada siswa melalui ekstrakurikuler dengan cara setiap kegiatan dipilih oleh siswa sendiri, pelaksanaanya mengunakan metode sesuai (4) Penanaman nilai‐nilai moral pada siswa pada saat sebelum masuk kelas, jam istirahat maupun jam pulang sekolah, pihak sekolah telah mencanangkan program berbentuk slogan “mari kita budayakan senyum, salam, sapa, sopan dan santun” bertujuan agar warga sekolah sejak masuk sampai pulang sekolah berperilaku sesuai dengan slogan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: penanaman nilai, nilai‐nilai moral, intrakurikuler, ekstra kurikuler dan aktivitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 13 Sep 2013 06:30
Last Modified: 13 Sep 2013 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22168

Actions (login required)

View Item View Item