Pengelolaan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Situs di SMA Batik 1 Surakarta)

Listyorini, Endang (2012) Pengelolaan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Situs di SMA Batik 1 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
cover.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._TESIS_BAB_1.pdf

Download (452kB)
[img] PDF (Bab II)
03._TESIS_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] PDF (Bab III)
04._TESIS_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._TESIS_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] PDF (Bab V)
06._TESIS_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab VI)
07._TESIS_BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lamp_endang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Karakteristik aktivitas pembelajaran guru pada mata pelajaran sejarah dengan menggunakan pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw. 2) Karakteristik interaksi pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran sejarah. 3) Karakteristik media pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Batik 1 Surakarta. Subyek utama penelitian ini adalah pengelola sekolah SMA Batik 1 Surakarta. Informasi kunci adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirambilitas. Hasil penelitian ini adalah : 1). Semakin sering guru mempersiapkan perangkat pembelajaran, maka dalam pelaksanaan pembelajarannya akan semakin baik. 2). Semakin sering dilakukan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, maka dalam pelaksanaan pembelajaran akan semakin inovatif dan kreatif. 3). Semakin sering diadakan evaluasi, maka siswa akan semakin terpacu untuk meningkatkan prestasi belajarnya. 4). Melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, interaksi social antar siswa akan semakin erat. 5). Semakin banyak menggunakan media pembelajaran seperti internet, LCD proyektor, peta dan gambar-gambar, maka siswa semakin mudah dalam memahami materi pelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Cooperative Learning, Tipe Jigsaw, Aktivitas, Interaksi, Media
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 17 Dec 2012 11:03
Last Modified: 17 Dec 2012 11:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22157

Actions (login required)

View Item View Item