Kajian Kinerja Pelayanan Pengelolaan Sampah Di Kota Karanganyar Ditinjau Dari Aspek Teknik Operasional

Sunarno, Sunarno (2012) Kajian Kinerja Pelayanan Pengelolaan Sampah Di Kota Karanganyar Ditinjau Dari Aspek Teknik Operasional. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Sunarno_[S100110011]_-_Halaman_Depan.pdf

Download (358kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Sunarno_[S100110011]_-_BAB_I.pdf

Download (11MB)
[img] PDF (Bab II)
04._Sunarno_[S100110011]_-_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Sunarno_[S100110011]_-_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Sunarno_[S100110011]_-_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Sunarno_[S100110011]_-_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)
[img] PDF (Bab VI)
08._Sunarno_[S100110011]_-_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Sunarno_[S100110011]_-_Daftar_Pustaka.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Sunarno_[S100110011]_-_Daftar_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
12._Sunarno_[S100110011]_-_Jurnal_Tesis.pdf

Download (567kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan penduduk Kota Karanganyar yang terus meningkat disertai peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan penduduk sehari-hari, berakibat pada jumlah timbulan sampah di Kota Karanganyar meningkat. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan pencemaran dan degradasi terhadap lingkungan. Permasalahan sampah di Kota Karanganyar antara lain: terbatasnya sarana dan prasarana yang berimbas pada jangkauan pelayanan, pewadahan dan pemilahan serta pengangkutan sampah yang belum teratur, dan rendahnya peran serta masyarakat. Jika hal tersebut tidak ditangani maka permasalahan sampah di Kota Karanganyar akan semakin kompleks. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi timbulan sampah kota dan mengetahui berbagai hambatan yang ada, mengidentifikasi persepsi masyarakat terhadap teknik operasional kinerja pelayanan pengelolaan sampah di Kota Karanganyar, serta membuat usulan desain bentuk pewadahan dan armada angkutan sampah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis distribusi frekuensi. Pengumpulan data melalui observasi, kuisioner dan wawancara. Teknik sampling yang digunakan adalah metode Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 100 responden yang didapatkan dari rumus Slovin. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) faktor penghambat yang mempengaruhi kinerja pengelolaan sampah di Kota Karanganyar antara lain masih banyak warga yang membakar dan membuang sampah tidak pada tempatnya, banyak wadah sampah yang disediakan DKP hilang, sarana dan prasarana sangat terbatas serta kondisinya memprihatinkan sehingga operasional pelayanan pengangkutan sampah belum optimal, serta belum ada perlakuan pemilahan sampah dari sumbernya. 2) Persepsi masyarakat terhadap kinerja pengelolaan sampah di Kota Karanganyar, antara lain: jumlah TPS dan Container kurang baik dengan indikasi penempatannya belum merata, lokasi penempatan TPS dan Container kurang tepat karena terlalu dekat dengan rumah penduduk, sarana pemindah sampah kurang memadai yaitu hanya delapan unit becak, sarana pengangkut sampah kurang memadai yaitu hanya delapan unit armada, jumlah personil penyampah kurang memadai yaitu hanya 54 Orang, kondisi armada sampah buruk/tidak baik dengan indikasi 80% kondisi armada rusak dan korosif, serta tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan pengelolaan sampah kurang puas dengan indikasi masih banyak sampah (±29m3/hr) yang belum terangkut ke TPAS. 3) terwujudnya usulan desain wadah dan armada angkutan sampah yang efektif dan efisien. Dari penelitian ini disimpulkan perlu adanya penambahan sumberdaya dan perlu disosialisasikan pengelolaan sampah dengan sistem 3R, serta perlu terwujudnya sarana pewadahan dan armada angkutan sampah yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pelayanan, Sampah, Pengelolaan Sampah, Teknik operasional.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Dec 2012 10:56
Last Modified: 17 Dec 2012 10:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22155

Actions (login required)

View Item View Item