Evaluasi Hubungan Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta Terhadap Tindakan Swamedikasi Acne Vulgaris

Febryery, Lela Cahya (2012) Evaluasi Hubungan Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta Terhadap Tindakan Swamedikasi Acne Vulgaris. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (372kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (142kB)

Abstract

Acne vulgaris salah satu penyakit kulit yang banyak diderita oleh orang yang berusia antara 11-30 tahun, termasuk mahasiswa. Upaya pengobatan yang banyak dilakukan untuk mengobati penyakit salah satunya dengan tindakan swamedikasi. Pengetahuan yang baik diperlukan untuk mencapai tindakan swamedikasi yang baik agar tecapai dengan tujuan atas pengobatan yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap tindakan swamedikasi acne vulgaris. Penelitian dilakukan dengan rancangan cross sectional menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 100 mahasiswa Farmasi yang berjenis kelamin perempuan yang pernah dan sedang mengalami acne vulgaris, serta pernah melakukan tindakan swamedikasi acne vulgaris dan bersedia menjadi responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Pengujian hubungan pada penelitian ini menggunakan uji chi square dan dilanjutkan dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian katagori baik untuk pengetahuan sebesar 81%, serta untuk tindakan swamedikasi acne vulgaris kategori baik sebesar 73%. Hasil pengujian menggunakan chi square menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap tindakan swamedikasi acne vulgaris, dengan nilai p = 0,005. Hasil uji regresi liniear menunjukan bahwa pengetahuan memberikan kontribusi sebesar 8,3% terhadap tindakan swamedikasi acne vulgaris.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Swamedikasi, Acne vulgari
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Dec 2012 06:19
Last Modified: 17 Dec 2012 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22141

Actions (login required)

View Item View Item