Peran Pimpinan Menciptakan Iklim Komunikasi Organisasi Perusahaan (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Komunikasi Organisasi Kepemimpinan Cv. Ika Jaya Mukti Gumpang, Sukoharjo)

HAQ, DIKA SULTON (2012) Peran Pimpinan Menciptakan Iklim Komunikasi Organisasi Perusahaan (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Komunikasi Organisasi Kepemimpinan Cv. Ika Jaya Mukti Gumpang, Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (287kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (327kB)

Abstract

Kepemimpinan merupakan syarat bagi berlangsungnya kehidupan kelompok atau organisasi yang sehat, sesuai dengan tujuan terbentuknya kelompok atau organisasi. Kepemimpinan sangat dibutuhkan untuk memberikan pengarahan terhadap usaha-usaha semua pekerja dalam mencapai tujuan organisasi. Tanpa kepemimpinan, hubungan antara tujuan perseorangan atau tujuan organisasi mungkin menjadi renggang. Oleh karena itu, pimpinan dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk menciptakan iklim organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya pimpinan dalam menciptakan iklim komunikasi organisasi perusahaan di CV. Ika Jaya Mukti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terhadap informan yang dianggap relevan dan mengetahui permasalahan yang terjadi di perusahaan CV. Ika Jaya Mukti. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pertama, pengetahuan informan mengetahui tentang komunikasi dan kepemimpinan, dapat menjelaskan dengan benar pengertian dari komunikasi dan kepemimpinan. Kedua, dimensi supportiveness telah dilakukan oleh pimpinan CV Ika Jaya Mukti, sehingga ada komunikasi yang baik antara pimpinan dan karyawan. Ketiga, dimensi partisipasi belum dilakukan dalam kegiatan formal, sehingga karyawan kurang merasa dilibatkan dalam keputusan perusahaan. Keempat, dimensi kepercayaan telah dilakukan dengan baik oleh pimpinan, hal ini ditunjukkan oleh tingkat kepercayaan yang tinggi dari karyawan kepada pimpinannya. Kelima, dimensi Keterbukaan, masih bersifat situasional pada permasalahan yang perlu melibatkan karyawan dan dianggap penting untuk diketahui oleh karyawan. Keenam, dimensi tujuan kinerja, pimpinan telah memberikan pemahaman yang baik tentang pekerjaan kepada karyawan, serta telah mampu memberikan contoh yang baik kepada karyawan dalam bekerja. Ketujuh, gaya kepemimpinan yang diterapkan di CV Ika Jaya Mukti adalah gaya kepemimpinan demokratis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: iklim organisasi, kepemimpinan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2012 06:53
Last Modified: 14 Dec 2012 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22089

Actions (login required)

View Item View Item