Orientasi Dan Strategi Komunikasi Lembaga Pers Mahasiswa Pabelan Dalam Menyuarakan Pergerakan Mahasiswa(Studi Fenomenologi Pada Lembaga Pers Mahasiswa Pabelan Periode Kepengurusan 2012)

Angriawan, Shoqib (2012) Orientasi Dan Strategi Komunikasi Lembaga Pers Mahasiswa Pabelan Dalam Menyuarakan Pergerakan Mahasiswa(Studi Fenomenologi Pada Lembaga Pers Mahasiswa Pabelan Periode Kepengurusan 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Ilmiah.pdf

Download (179kB)

Abstract

Pergerakan mahasiswa tidak selamanya berupa aksi dan orasi yang menentang kebijakan. Namun, pergerakan mahasiswa juga bisa disampaikan melalui tulisan untuk memperjuangan hak-hak mahasiswa. Pada era kemerdekaan, pers mahasiswa menjadi alat bagi penyebaran ide-ide pembaharuan dan perjuangan. Namun pasca reformasi pers mahasiswa justru tenggelam. Lembaga Pers Mahasiswa Pabelan yang pernah hidup di zaman orde baru hingga pasca reformasi, juga merasakan hal serupa. Namun dengan adanya orientasi yang dipegang, Lembaga Pers Mahasiswa mampu eksis dalam menyuarakan pergerakan mahasiswa. Penelitian ini mencoba membedah orientasi dan strategi komunikasi yang digunakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Pabelan periode kepengurusan 2012 ketika menyampaikan pergerakan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dari analisis peneliti menunjukkan bahwa orientasi dari Lembaga Pers Mahasiswa Pabelan terbagi menjadi dua yaitu orientasi internal dan orientasi eksternal. Untuk mencapai orientasi internal itu kondisi internal lembaga harus kuat sebelum mencapai orientasi eksternal lembaga. Diantaranya dilakukan dengan berbagai macam rapat seperti rapat pimpinan terbatas, rapat pimpinan dan rapat bidang. Dalam rapat tersebut dibahas berbai macam permasalahan lembaga dan mengontrol pelaksanaan program kerja dan kepentingan yang bersifat mendesak. Orientasi eksternal Lembaga Pers Mahasiswa Pabelan terletak pada penekanannya kepada fungsi media kontrol sosial. Orientasi tersebut ditekankan guna mewujudkan arah sesuai dengan norma keadilan. Dengan beberapa segmentasi produk dari Lembaga Pers Mahasiswa Pabelan, justru semakin melebarkan sayap lembaga pers tersebut. Upaya pegiat dari Lembaga Pers Mahasiswa Pabelan bisa dinilai sebagai jerih payah yang tulus untuk belajar dan berusaha menyelami arti mahasiswa sebagai agen perubahan. Untuk mencapai orientasi itu maka Lembaga Pers Mahasiswa Pabelan membutuhkan strategi komunikasi internal dan eksternal. Dari strategi komunikasi internal, berupa pola pelaksanaan fungsi kontrol. Diantaranya berusaha memberikan pemahaman tentang lembaga itu sendiri dan juga pemahaman tentang jurnalisme. Sehingga timbul dampak positif lain seperti meningkatnya kualitas redaksi, ketepatan periodisasi terbitan, bertahannya ciri khas keempat produk sebagai identitas dari Lembaga Pers Mahasiswa Pabelan. Sementara strategi komunikasi eksternalnya yaitu eksistensi rapat redaksi yang menjadi ujung tombak dari tersampaikannya makna komunikasi. Hal ini dilakukan supaya suara pergerakan itu bisa diterima dengan mudah oleh pembacanya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pers dan mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2012 05:47
Last Modified: 14 Dec 2012 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22081

Actions (login required)

View Item View Item