Manfaat Pendidikan Gizi Tentang Jajanan Berbahaya Dengan Media Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Anak Sdn Mojolegi Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali

SUCIANINGRUM, TRI (2012) Manfaat Pendidikan Gizi Tentang Jajanan Berbahaya Dengan Media Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Anak Sdn Mojolegi Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (553kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (286kB)

Abstract

Pengetahuan anak tentang jajanan sekolah sangat berpengaruh terhadap pemilihan jajanan di sekolah maupun di rumah. Survei awal SDN Mojolegi menunjukkan hasil bahwa tingkat pengetahuan anak SD tentang keamanan pangan masih rendah yaitu 78,8%. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui manfaat pendidikan gizi tentang makanan jajanan berbahaya dengan media leaflet terhadap pengetahuan gizi anak SDN Mojolegi.Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode ceramah dengan rancangan onegrouppretest-posttest. Variabel yang diteliti yaitu variabel bebas pendidikan gizi tentang jajanan berbahaya, variabel terikat yaitu peningkatan anak SD. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Mojolegi yang berjumlah 50 anak. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu rata-rata pengetahuan gizi responden sebelum penyuluhan adalah 78,8%, sedangkan rata-rata pengetahuan gizi setelah penyuluhan yaitu 86,6%. Berdasarkan uji statistik Paired Sampel Test menunjukkan bahwa ada perubahan pengetahuan tentang jajanan berbahaya sebelum dan sesudah diberi penyuluhan jajanan berbahaya yaitu p<0,05. Saran dari penelitian ini yaitu siswa diharapkan lebih memahami materi tentang makanan jajanan berbahaya tersebut dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari..

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keamanan Pangan, Pengetahuan Anak, Leafleat
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 13 Dec 2012 12:25
Last Modified: 13 Dec 2012 12:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22075

Actions (login required)

View Item View Item