Pengaruh Lama Penggorengan Terhadap Kadar Vitamin C Dan Daya Terima Keripik Pepaya Yang Digoreng Menggunakan Metode Kovensional Dan Vakum

APRILLIA, ZINDY (2012) Pengaruh Lama Penggorengan Terhadap Kadar Vitamin C Dan Daya Terima Keripik Pepaya Yang Digoreng Menggunakan Metode Kovensional Dan Vakum. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (491kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (440kB)

Abstract

Pepaya merupakan buah musiman dengan masa simpan relatif pendek sehingga perlu usaha untuk memperpanjang masa simpan. Salah satu upaya untuk memperpanjang masa simpan pepaya yaitu dengan mengolahnya menjadi keripik . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama penggorengan terhadap kadar vitamin C dan daya terima keripik pepaya yang digoreng menggunakan penggorengan kovensional dan vakum Jenis penelitian ini menggunakan desain ekperimental, metode penggorengan kovensional dengan suhu 1200C (15 detik, 20 detik, 25 detik), vakum dengan suhu 750C (30 menit, 40 menit dan 50 menit) dan pengujian penerimaan sensorik. Percobaan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 2 kali perlakuan dan 3 kali ulangan. Analisis data menggunakan uji ANOVA satu arah dengan tingkat kepercayaan 95% menggunakan program SPSS versi 16 apabila p=value > 0,05 maka tidak terdapat pengaruh, apabila p=value <0,05 maka terdapat pengaruh atau perbedaan. Rata-rata kadar vitamin C penggorengan kovensional nilai p 0,000 (0,000<0,05) menunjukkan ada pengaruh lama penggorengan dan rata-rata kadar vitamin C pada penggorengan vakum nilai p 0,002 (0,002<0,05) menunjukan ada pengaruh lama penggorengan. Daya terima keripik pepaya menggunakan penggorengan kovensional nilai signifikan p=0,000 (0,000<0,05) menunjukkan ada perbedaan daya terima kerenyahan terhadap lama penggorengan keripik pepaya menggunakan penggorengan kovensional. Daya terima keripik pepaya menggunakan penggorengan vakum nilai p<0,05 menunjukkan ada perbedaan daya terima kerenyahan dan kesukaan dengan nilai p<0,05. Terdapat perbedaan pengaruh lama penggorengan terhadap kadar vitamin C dan daya terima keripik pepaya yang digoreng menggunakan penggorengan kovensional dan vakum. Saran dari penelitian ini adalah penggorengan keripik pepaya kovensional dengan suhu 120ºC selama 15 detik dan penggorengan vakum dengan suhu 75ºC selama 50 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keripik pepaya, lama penggorengan, kadar vitamin C
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 13 Dec 2012 12:10
Last Modified: 17 Sep 2022 06:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22073

Actions (login required)

View Item View Item