Praktek Manajemen Laba Riil Pada Perusahaan Go Public Di Indonesia : Studi Komparasi pada Indeks Syariah dan Indeks Konvensional

Ningsih , Suhesti (2012) Praktek Manajemen Laba Riil Pada Perusahaan Go Public Di Indonesia : Studi Komparasi pada Indeks Syariah dan Indeks Konvensional. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (529kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)

Abstract

Penelitian dengan menggunakan metode akrual oleh beberapa peneliti dianggap belum mampu mengungkapkan kondisi yang lengkap tentang praktek manajemen laba karena mengabaikan hubungan antara arus kas dan akrual. Masih sedikit penelitian yang mengkaji tentang manjemen laba dengan mengkomparasikan antara indeks syariah dan indeks konvensional. Tujuan penelitian ini adalah mengukur praktik manajemen laba riil pada perusahaan go public di Indonesia dengan melakukan analisis komparasi pada indeks syariah dan indeks konvensional. Proksi manajemen laba riil diukur dengan Abnormal cash flow operations (Abn. CFO) , Abnormal production cost (Abn. PROD), Abnormal discretionary expenses (Abn. DISC). Periode sampel penelitian tahun 2004 - 2010 menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 130 pada indeks syariah dan 165 pada indeks konvensional. Analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif dan untuk menguji perbedaan praktik manajemen laba riil antara indeks syariah dengan indeks konvensional menggunakan Uji Mann Withney U Test. Hasil Uji Hipotesis per proksi menunjukkan bahwa pada proksi Abn. CFO sebesar 0,704, Abn. PROD sebesar 0,379, dan proksi Abn Disc sebesar 0,661, ketiganya mempunyai hasil > 0,05 hal ini membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan praktek manajemen laba riil pada perusahaan yang tergabung di indeks syariah dengan di indeks konvensional dengan kecenderungan melakukan pola menaikan laba perusahaan. Untuk penelitian selanjutnya bisa menggunakan model pengukuran manajemen laba dengan pendekatan terintegrasi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Abnormal cash flow operations, Abnormal production cost, discretionary expenses, Indeks JII, Indeks LQ45.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Dec 2012 11:52
Last Modified: 11 Dec 2012 11:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21999

Actions (login required)

View Item View Item