Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri Karangsari Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2011‐2012

Muharto., Eko (2012) Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri Karangsari Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2011‐2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03_halaman_depan.pdf

Download (486kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_1.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab VI)
09_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
10_Daftar_Pustaka.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02_naskah_publikasi.pdf

Download (478kB)
[img] PDF (Lampiran)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)

Abstract

Ada tiga tujuan utama dalam penelitian ini. Pertama Mendiskripsikan rencana penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah. Kedua Mendiskripsikan realisasi penggunaan dana BOS dalam usaha meningkatkan mutu sekolah. Ketiga Mendiskripsikan pelaporan penggunaan dana BOS. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Karangsari Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah : wawancara mendalam, Observasi (pengamatan), dan analisis dokumen. Nara sumber dalam penelitian ini adalah : Kepala Sekolah, guru, Bendahara BOS, staf tata usaha, siswa dan Komite Sekolah. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tehnik deskriptif dengan tiga prosedur yaitu (1). Reduksi data. (2). Penyajian data dan (3). Penarikan simpulan/verifikasi. Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan: uji credibility, uji transferability, uji dependability dan uji confirmability. Hasil penelitian ini tiga hal: (1). Perencanaan penggunaan dana BOS yang meliputi (a). Penyusunan RAPBS. Langkah‐langkahnya mengadakan pertemuan pendahuluan antara Kepala Sekolah, Bendahara dan perwakilan guru. Membahas garisgaris besar penerimaan dan pengeluaran anggaran sekolah. Setelah rapat dengan dewan guru kemudian disosialisasikan kepada Komite Sekolah dan wali siswa. (b). Penggunaan: meliputi pencairan dana. Pencairan dana melalui Bank yang telah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo adalah Bank BRI. (c) Evaluasi: dana BOS di Sekolah setelah dilihat dari penganggaran dan pengeluaran tidak ada penyimpangan. (2) Realisasi penggunaan dana BOS di SD Negeri Karangsari paling banyak pada anggaran Kesiswaan. (3). Pelaporan penggunaan dana BOS tidak bisa tepat waktu karena sulit untuk merealisasikan penggunaannya dengan masih adanya dana pinjaman.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, BOS, Pengelolaan BOS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Dec 2012 11:15
Last Modified: 12 Dec 2012 11:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21997

Actions (login required)

View Item View Item