Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembiasaan Pada Siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Israfil, Israfil (2012) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembiasaan Pada Siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (408kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (583kB)

Abstract

Penerapan nilai-nilai PAI di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta menggunakan metode pembiasaan. Hal itu menarik peneliti untuk mengangkat permasalahan “Nilai-nilai PAI apa yang diinternalisasikan melalui metode pembiasaan pada siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, Bagaimana pelaksanaan internalisasi nilai-nilai PAI melalui metode pembiasaan pada siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta dan Apa faktor pendudukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai PAI melalui metode pembiasaan pada siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta”. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan nilai-nilai PAI yang diinternalisasikan melalui metode pembiasaan di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, pelaksanaan internalisasi nilai-nilai PAI melalui metode pembiasaan pada siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta dan faktor apa yang menjadi pendudukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai PAI melalui metode pembiasaan pada siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan. Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode induktif yang bersifat prospektif dianalisis secara deskriptif kualitatif (berupa kata-kata tertulis dari orang dan perilaku yang diamati) yang terdiri dari tiga bagian yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah dalam menerapkan nilai-nilai PAI pada siswa SMP muhammadiyah 8 Surakarta menggunakan metode pembiasaan cukup baik dan efektif. Penggunaan metode pembiasaan ini dilaksanakan di dalam kelas melalui materi PAI yang diajarkan. Sedangkan di luar kelas para siswa dibiasakan untuk shalat berjama‟ah, shalat dhuha, membaca Al-Qur‟an dan berakhlaqul karimah. Dalam pelaksanaannya masih butuh kesadaran pribadi para siswa dengan bimbingan dan pengawasan oleh guru maupun orang tua di rumah. Metode pembiasaan ini diharapkan dapat terealisasikan bukan hanya di lingkungan sekolah tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai-Nilai PAI, Metode Pembiasaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Dec 2012 12:00
Last Modified: 12 Dec 2012 12:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21991

Actions (login required)

View Item View Item