Hubungan Antara Pengetahuan Tentang KB MKJP Dan Sikap Ibu Peserta Jampersal Pasca Persalinan Dengan Penggunaan KB MKJP Di Puskesmas Kartasura

Trisnawati, Lusiana (2012) Hubungan Antara Pengetahuan Tentang KB MKJP Dan Sikap Ibu Peserta Jampersal Pasca Persalinan Dengan Penggunaan KB MKJP Di Puskesmas Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (433kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_SATU.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_ENAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (129kB)

Abstract

Jampersal bertujuan untuk menghilangkan hambatan finansial bagi ibu hamil untuk mendapatkan jaminan persalinan, yang didalamnya termasuk pemeriksaan kehamilan, pelayanan nifas termasuk KB pasca persalinan, dan pelayanan bayi baru lahir. Namun pada pelaksanaan masih banyak ibu yang ternyata tidak taat dalam penggunaan KB MKJP pasca persalinan menggunakan Jampersal, KB MKJP adalah metode penggunaan kontrasepsi yang masa efektifnya relatif lama meliputi pelayanan medis operatif wanita (MOW), alat kontrasepsi dalam Rahim (AKDR)/Intra Uterine Device (IUD) dengan masa 10 th dan alat kontrasepsi bawah kulit (AKBK) atau sering disebut implant. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang KB MKJP dan sikap ibu peserta Jampersal dengan penggunaan KB MKJP di wilayah kerja Puskesmas Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah 151 ibu Jampersal pasca persalinan di Puskesmas Kartasura. Sampel penelitian adalah 60 ibu Jampersal pasca persalinan dengan metode proporsional random sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji Chi Square SPSS 15.0 for windows. Kesimpulan penelitian (1) Pengetahuan Ibu peserta Jampersal pasca persalinan tentang KB MKJP sebagian besar adalah cukup, (2) Sikap ibu peserta Jampersal pasca persalinan terhadap penggunaan KB MKJP sebagian besar adalah cukup, (3) Penggunaan KB MKJP pada Ibu peserta Jampersal pasca persalinan sebagian besar tidak memakai, (4) terdapat hubungan pengetahuan tentang KB MKJP dengan penggunaan KB MKJP dengan hasil p = 0,01 dimana p<0,05. Dan (5) terdapat hubungan sikap Ibu Jampersal pasca persalinan dengan penggunaan KB MKJP di Puskesmas Kartasura, dengan hasil p=0,02 dimana p<0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kontrasepsi MKJP, pengetahuan, sikap, ibu peserta Jampersal.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Dec 2012 07:00
Last Modified: 11 Dec 2012 07:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21976

Actions (login required)

View Item View Item