Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Oral Hygiene Pada Lanjut Usia Di Wilayah Kerja Puskesmas Karangmalang Kabupaten Sragen

Irawati, Irawati and , Agus Sudaryanto, S.Kep., Ns., M.Kes and , Irdawati, S. Kep., Ns., M.si., Med (2012) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Oral Hygiene Pada Lanjut Usia Di Wilayah Kerja Puskesmas Karangmalang Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bba II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_JADI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan jumlah populasi lansia yang meningkat akan mendatangkan masalah, salah satunya perawatan diri pada lansia yang berkurang tentang kebersihan gigi dan mulut. Oral hygiene yang buruk dapat menyebabkan masalah bagi lansia. Setiap jenis luka yang serius atau sakit gigi di dalam mulut akan menimbulkan infeksi mulut yang menyebabkan masalah pernapasan pada lansia. Lansia berisiko terhadap masalah kesehatan mulut karena kurangnya pengetahuan tentang oral hygiene, ketidakmampuan melakukan perawatan mulut, atau perubahan integritas gigi dan mukosa akibat penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pendidikan kesehatan tentang oral hygiene terhadap peningkatan pengetahuan lansia tentang oral hygiene. Populasi penelitian adalah 5.521 lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Karangmalang Kab. Sragen, sedangkan sampel adalah 60 lansia yang dibagi dalam 30 orang kelompok eksperimen dan 30 orang kelompok control. Penentuan sampel menggunakan teknik kuota sampling yaitu dengan menuliskan di kertas, nama 10 desa kemudian diacak (lotre) menjadi 6 desa , dari 6 desa tersebut diambil 10 lansia, didapatkan 60 lansia, kemudian dari 60 lansia tersebut diacak (lotre) lagi untuk menentukan masuk ke dalam kelompok kontrol atau kelompok eksperimen. Maka, jumlah sampel masingmasing sebanyak 30 lansia. Instrumen penelitian adalah kuesioner, dan teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan uji paired sample ttest. Hasil analisis independent t-test diperoleh p-value 0,000 , maka disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan berpengaruh terhadap peningkatanpengetahuan tentang oral hygiene pada lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Karangmalang Kabupaten Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, pengetahuan, oral hygiene, lansia.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Dec 2012 06:43
Last Modified: 28 Apr 2016 07:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21974

Actions (login required)

View Item View Item