Daya Hambat Ekstrak Jahe (Zingiber Officinale) Terhadap Pertumbuhan Pseudomonas Aerugenosa Perusak Ikan Dalam Sistem Emulsi Tween 80

SUSANTI, YULIA DWI (2012) Daya Hambat Ekstrak Jahe (Zingiber Officinale) Terhadap Pertumbuhan Pseudomonas Aerugenosa Perusak Ikan Dalam Sistem Emulsi Tween 80. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (666kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (BAB IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran )
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_ILMIAH.pdf

Download (682kB)

Abstract

Ikan merupakan bahan yang mudah sekali mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh mikrobia perusak pada ikan, sehingga perlu adanya suatu pengawetan pada ikan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa jahe (Zingiber officinale) dapat digunakan dalam pengawetan ikan. Senyawa fenol pada jahe merupakan bagian dari komponen oleoresin yang berpengaruh pada sifat pedas jahe seperti zingeron, shogaol, dan gingerol bersifat sebagai antimikroba dan antioksidan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui daya hambat ekstrak jahe (Zingiber officinale) terhadap pertumbuhan Pseudomonas aerugenosa perusak ikan dalam sistem emulsi Tween 80. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental murni di laboraturium. Jenis variabel dari penelitian ini adalah daya hambat Pseudomonas aerugenosa (terikat) dan konsentrasi ekstrak jahe yang berbeda (bebas). Ekstrak jahe diperoleh melalui ekstraksi dengan pelarut etanol 70% menggunakan rotary vacum evaporator dan pengemulsi 1,0% Tween 80. Pengujian terhadap pertumbuhan Pseudomonas aerugenosa dilakukan dengan metode difusi agar pada media Nutrient Agar. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Konsentrasi ekstrak jahe yang diujikan adalah 0%, 25%, 35%, 45%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan Pseudomonas aerugenosa. Berdasarkan uji One Way Anova, terdapat pengaruh yang signifikan pada pemberian ekstrak jahe terhadap besar daya hambat Pseudomonas aerugenosa pada konsentrasi 0% dengan 25%, 35%, dan 45%. Ekstrak jahe dengan konsentrasi 25% tidak berbeda nyata dengan konsentrasi 35% dan 45%. Saran dari penelitian ini adalah ekstrak jahe memiliki kemampuan sebagai antimikroba dan antioksidan khususnya bakteri perusak sehingga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif dalam pengawetan ikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ikan, Daya hambat ekstrak jahe, Pseudomonas aerugenosa
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2012 05:31
Last Modified: 13 Sep 2022 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21969

Actions (login required)

View Item View Item