Daya Hambat Ekstrak Jahe (Zingiber Officinale) Terhadap Pertumbuhan Bacillus Alvei Perusak Ikan Dalam Sistem Emulsi Tween 80

NINGRUM, DWI PUSPITA (2012) Daya Hambat Ekstrak Jahe (Zingiber Officinale) Terhadap Pertumbuhan Bacillus Alvei Perusak Ikan Dalam Sistem Emulsi Tween 80. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (810kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (BAB IV )
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (BAB IV )
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran )
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi )
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (599kB)

Abstract

Ikan merupakan bahan pangan yang mudah sekali mengalami kerusakan, sehingga perlu usaha pengawetan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat dimanfaatkan sebagai pengawet ikan, karena pada jahe mengandung fenol sebagai senyawa antimikrobia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui daya hambat ekstrak jahe (Zingiber officinale) terhadap pertumbuhan Bacillus alvei perusak ikan dalam sistem emulsi Tween 80. Pengujian terhadap pertumbuhan bakteri Bacillus alvei dilakukan dengan menggunakan metode difusi agar pada media Nutrient Agar. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 kali perlakuan dan 3 kali ulangan. Konsentrasi ekstrak jahe yang akan diujikan yaitu 0%, 25%, 35% dan 45%. Variabel yang akan diteliti meliputi variabel bebas yaitu konsentrasi ekstrak jahe yang berbeda sedangkan variabel terikat yaitu daya hambat mikrobia perusak ikan nila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar daya hambat konsentrasi ekstrak jahe 0% dengan kategori tidak ada hambatan. Besar daya hambat konsentrasi ekstrak jahe 25%, 35%, dan 45% menunjukkan ketegori sedang. Berdasarkan uji One Way Anova diperoleh hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pemberian ekstrak jahe terhadap besar daya hambat Bacllus alvei. Konsentrasi 0% berbeda nyata dengan konsentrasi 25%, 35% dan 45%. Konsentrasi 35% berbeda nyata dengan konsentrasi 45% sedangkan konsentrasi 25% tidak berbeda nyata dengan konsentrasi 35% dan 45%. Hal ini menunjukkan bahwa konsentrasi 25% merupakan konsentrasi efektif untuk menghambat mikrobia perusak dan patogen yaitu Bacillus alvei. Saran dari penelitian ini adalah dapat dilakukan penelitian yang sejenis dengan konsentrasi yang berbeda dibawah 25% untuk mengetahui konsentrasi terendah yang dapat menghambat pertumbuhan Bacillus alvei.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Daya hambat, Ekstrak Jahe, Bacillus alvei, Ikan nila
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2012 05:22
Last Modified: 13 Sep 2022 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21968

Actions (login required)

View Item View Item