Hubungan Status Pekerjaan Ibu Dan Tingkat Pendapatan Ibu Dengan Tingkat Pengetahuan Tentang Pemberian Mp-Asi Dalam Buku Kia Di Desa Bulusulur Kabupaten Wonogiri

SARI, DEWI RATNA (2012) Hubungan Status Pekerjaan Ibu Dan Tingkat Pendapatan Ibu Dengan Tingkat Pengetahuan Tentang Pemberian Mp-Asi Dalam Buku Kia Di Desa Bulusulur Kabupaten Wonogiri. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HAlaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (805kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF (Naskkah Publikasi)
ARTIKEL_ILMIAH.pdf

Download (482kB)

Abstract

Pendahuluan: Buku KIA dapat menunjang pengetahuan ibu tentang cara pemberian MP-ASI yang baik dan benar bagi bayi. Pengetahuan dipengaruhi beberapa hal diantaranya status pekerjaan dan tingkat pendapatan. Berdasarkan Depkes 2004 menyatakan bahwa ibu yang bekerja di luar rumah dapat memudahkan dalam memperoleh informasi dan pengetahuan baik dari media massa dan media cetak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status pekerjaan dan tingkat pendapatan ibu dengan tingkat pengetahuan ibu tentang pemberian MP-ASI dalam buku KIA di Desa Bulusulur, Kabupaten Wonogiri. Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat observasional dengan metode crossectional dan uji chi square. Populasi penelitian ini adalah ibu – ibu yang mempunyai bayi usia 6 – 24 bulan di Desa Bulusulur. Sampel penelitian ini berjumlah 52 ibu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Status Pekerjaan Ibu dan Tingkat Pendapatan Ibu variabel terikatnya Tingkat Pengetahuan tentang MP-ASI. Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara status pekerjaan dengan tingkat pengetahuan tentang pemberian MP-ASI di buku KIA dengan nilai p =0,00, sedangkan hubungan tingkat pendapatan dengan dengan tingkat pengetahuan tentang pemberian MP-ASI di buku KIA juga menunjukkan hubungan yang signifikan dengan nilai p = 0, 002. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu dipengaruhi oleh status pekerjaan dan tingkat pendapatan, hal itu disebabkan karena ibu yang bekerja lebih mudah dalam memperoleh informasi, dan tingkat pendapatan yang tinggi bila diimbangi dengan status gizi yang baik akan menyebabkan seseorang lebih konsumtif dalam memilih makanan dan tidak hanya didasarkan pada selera, tapi kuantitas dan kualitas. Saran bagi Petugas Kesehatan harus senantiasa memberikan penyuluhan tentang MP-ASI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Buku KIA, Pengetahuan Pemberian MP-ASI, Status Pekerjaan Ibu, Tingkat Pendapatan Ibu.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2012 05:07
Last Modified: 11 Dec 2012 05:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21966

Actions (login required)

View Item View Item